Politik Pemerintahan

Deklarasi Yusuf – Riza di Banyuwangi Janggal?

: KH Abdul Ghofar (kanan) saat sesi foto bersama partai pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati, Yusuf Widyatmoko - Muhammad Riza Aziziy. (rindi)

Banyuwangi (beritajatim.com) – Tim pemenangan calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi menggelar deklarasi dukungan partai pasangan Yusuf Widiyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy. Acara yang digelar di salah satu hotel di Banyuwangi itu terlihat janggal.

Semula, kegiatan itu dihadiri oleh semua partai pengusung pasangan. Tapi, ada beberapa ketua partai dan kader maupun anggota partai terpilih justru meninggalkan arena deklarasi.

Kondisi ini menimbulkan pertanyaan. Padahal, partai pengusung yang bersangkutan digadang pemilik kursi terbanyak di DPRD Banyuwangi yang mengusung keduanya.

Tidak ada nama Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi Jhoni Subagyo, maupun kader partai yang duduk di kursi wakil rakyat Banyuwangi di dalam gedung itu. Hanya ada satu orang anggota pengurus PKB yang diwakili Dewan Syuro KH. Abdul Ghofar. Sementara satu orang kader partai yang sebelumnya hadir justru meninggalkan ruangan.

Padahal, tiga partai pengusung lainnya hadir lengkap dengan kekuatan penuh. Partai Demokrat, Partai Golkar dan PKS, ketua dan kadernya datang.

“Kami mohon maaf, acara ini terlambat beberapa saat karena saya ada acara di Muncar, sehingga harus mundur,”

“Tentang PKB, hari ini kebetulan teman-teman PKB bersamaan ada rapat di kantor DPC. Sehingga mereka tidak bisa hadir,” ungkap Yusuf Widyatmoko, Jumat (4/8/2020).

Sementara itu, Dewan Syuro PKB Banyuwangi, KH. Abdul Ghofar tak menampik hal itu. Kegiatan rapat internal partainya tak dapat diganggu.

“PKB saya yang mewakili seluruh pengurus, karena saya di partai itu paling tertinggi Dewan Syuro. Di atas saya itu tidak ada lagi, hanya ada kupluk dan pyan (plafon),” ungkap Ghofar yang juga Mubaligh tersebut.

Di ujung deklarasi, pasangan yang mengusung tagline Mas Yusuf Gus Riza ini juga mendapat dukungan dari partai non parlemen. Ada tujuh partai yang tampak hadir dalam acara tersebut. Di antaranya, PKPI, PAN, Garuda, Berkarya, Perindo, PBB, dan PSI. (rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar