Politik Pemerintahan

Debat Publik Pertama, Satu Cawabup Tak Hadir

Sumenep (beritajatim.com) – Debat publik Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumenep tahap pertama yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Selasa (10/10/2020), tidak dihadiri oleh Hj. Dewi Khalifah atau Nyai Eva, calon wakil bupati pasangan Achmad Fauzi.

Dalam kata pengantarnya, Ketua KPU Sumenep, A. Warits menyebut ketidakhadiran Nyai Eva karena masih dalam masa iddah sejak suaminya meninggal pada 28 September 2020.

“Yang kami hormati kedua pasangan calon. Pasangan calon nomor urut 1 Achmad Fauzi dan Ibu Nyai Dewi Khalifah yang kebetulan tidak bisa hadir secara langsung karena masih dalam masa iddah. Pasangan nomor urut 2, RB Fattah Jasin bersama calon wakilnya bapak KH. Ali Fikri,” katanya.

Debat publik pertama tetsebut mengambil tema meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan masyarakat. Ada tiga panelis yang dihadirkan dari unsur akademisi yakni Musta’in (Dosen FISIP Univ Airlangga), Abdul Kodir (Univ Negeri Malang) dan Ahmad Faidlal Rahman (Univ Brawijaya).

“Kami merencanakan ada tiga kali debat publik cabup-cawabup Sumenep. Kami berharap dengan debat publik yang disiarkan secara langsung ini bisa membuat masyarakat tahu terhadap masing-masing pasangan calon dan bisa menentukan pilihan untuk Sumenep 5 tahun ke depan,” paparnya.

Menurut Warits, pelaksanaan debat pertama ini kebetulan bertepatan dengan peringatan hari pahlawan, 10 November. “Kami berharap pilkada ini dapat melahirkan pahlawan-pahlawan yang bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pelayanan,” harapnya.

Debat publik tersebut digelar mematuhi protokol kesehatan sangat ketat. Setiap pengunjung wajib mengenakan masker dan face shield. Kemudian menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Kami memang membatasi audiens yang hadir. Tim tiap paslon hanya boleh empat orang yang hadir. Lainnya silahkan melihat dari rumah. Ini untuk menghindari kerumunan,” ujarnya.

Pilkada Sumenep 2020 diikuti dua pasangan calon, yakni nomor urut 1, Achmad Fauzi-Hj Dewi Khalifah (Fauzi-Nyai Eva) dan nomor urut 2, Fattah Jasin – KH Ali Fikri (Gus Acing- Mas Kiai). [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar