Politik Pemerintahan

DDII Jember Bangun Sistem Perekonomian Umat Melalui Koperasi

Ketua DDII Jember Muhammad Habib Ichsan [foto: Istimewa]

Jember (beritajatim.com) – Dewan Dakwah Islamiah Indonesia (DDII) Kabupaten Jember, Jawa Timur, berupaya membangun sistem perekonomian umat melalui koperasi. Para juru dakwah juga harus melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat, bukan hanya berkutat urusan spiritual.

Langkah awal ikhtiar ini adalah melatih para dai atau juru dakwah di Aula Zainuri, Universitas Muhammadiyah Jember, Minggu (21/3/2021). “Yang dimaksud dengan umat adalah masyarakat Indonesia, bukan hanya masyarakat tertentu saja,” kata Ketua DDII Jember Muhammad Habib Ichsan.

Dari pelatihan ini diharapkan lahir komunitas-komunitas usaha di semua bidang, dengan koperasi sebagai ujung tombak. “Karena koperasi ini milik umat, untuk umat, dari umat, sehingga tidak dikuasai segelintir kelompok tertentu. Dia akan jadi jaringan yang bisa kita kembangkan untuk buat sistem ekonomi umat,” kata Habib.

DDII memprakarsai lahirnya Yayasan Darul Khair dan bidang kewirausahaan yang sudah siap adalah peternakan kambing dan ayam. “Nanti akan kami bina. Kami sudah punya jaringan,” kata Habib. Salah satu jaringan adalah Pondok Pesantren Madinatul Ulum yang memiliki peternakan ayam. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar