Politik Pemerintahan

Dawarblandong Jadi Lokasi Pemakaman Pasien Corona, Begini Sikap Warga Sekitar

Lahan Perhutani Petak 81D di Dusun Belukwangun, Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto yang rencananya dijadikan pemakaman pasien Covid-19. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menyiapkan lahan khusus pemakaman pasien meninggal akibat virus Corona (Covid-19). Rencananya, lahan Perhutani Petak 81D di Dusun Belukwangun, Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto dijadikan tempat pemakaman.

Namun, rencana Pemkab Mojokerto tersebut sudah menuai pro dan kontra di masyarakat khususnya di sekitar lokasi. Mojokerto merupakan satu dari sembilan kabupaten di Jawa Timur yang ditunjuk menjadi tempat pemakaman pasien Covid-19. Sembilan kabupaten tersebut lantaran memiliki kawasan Perhutani.

Salah satu warga Desa Suru, Sarbi berharap, pemerintah membatalkan rencana tersebut. “Tidak setuju, alasannya ya karena menular. Tadinya nggak tahu, tahunya dari survei dari pemkab kemarin,” ungkapnya, Rabu (8/4/2020).

Masih kata Sarbi, dirinya merupakan satu dari puluhan masyarakat Desa Suru yang berprofesi sebagai petani di sekitar lokasi. Sehingga ia berharap rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur tidak menjadikan lahan Perhutani Petak 81D menjadi lokasi pemakaman pasien Covid-19.

Sementara itu, petani lainnya Samidi (51) justru mendukung lokasi pemakaman pasien Covid-19 di lahan Perhutani Petak 81D. Padahal, sebagai petani cabai yang lokasinya berada tepat di pinggir Jalan Raya Mojokerto – Gresik itu hanya berjarak 300 sampai 500 meter dengan lokasi makam.

“Setuju saja, soalnya buat orang banyak. Warga lain masih belum mengetahui. Baru ini saja saya tahu. Dulu memang makam (lahan Perhutani Petak 81D, red) tapi sejak saya masih kecil sudah tidak digunakan lagi. Jadi nganggur, kalau dimanfaatkan untuk orang banyak kan lebih baik,” katanya.

Sebelumnya, Camat Dawarblandong, Norman Hanandito mengatakan, Kabupaten Mojokerto menjadi satu dari sembilan daerah yang ditunjuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sebagai lokasi pemakaman pasien Covid-19. “Ini bercermin dari kejadian penolakan di daerah lain,” ungkapnya, Selasa (7/4/2020) kemarin.

Sehingga Pemprov Jawa Timur mengantisipasi dengan menyediakan tanah makam khusus untuk PDP ataupun penderita positif Covid-19. Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur ada sembilan daerah di Jawa Timur yang ditunjuk salah satunya Kabupaten Mojokerto.

“Dari hasil kajian Pemkab Mojokerto, lahan yang dipersiapkan berada di Dusun Belukwangun, Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong. Lokasi ini dipilih karena lahan kosong milik Perhutani yang jauh dari pemukiman padat penduduk. Lokasi yang digunakan luasnya 0,1 hektar atau 100 meter persegi. Cukup untuk 40 makam,” katanya. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar