Politik Pemerintahan

Data Tracing Pandemi Perlu Digitalisasi

Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana menyatakan perlu adanya peningkatan dalam penyediaan fasilitas Kampung Tangguh di Surabaya. Termasuk proses digitalisasi dalam pendataan mobilasi warga.

Rencana peningkatan secara digitalisasi disampaikan Whisnu seusai mengunjungi Kampung Tangguh di wilayah RT 7 RW 1 Kranggan, Kecamatan Bubutan Surabaya.

Digitalisasi ini bisa berbentuk layanan aplikasi. ”Jadi mobilitas penduduk yang dari luar maupun singgah bisa terdata dan online. Termasuk ketika ada yang terlihat ada gejala. Jadi laporannya update,” terang Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Surabaya.

Dengan begitu, peran Kampung Tangguh sekaligus bisa membantu perubahan wilayah zona perkampungan menjadi hijau, atau bebas dari virus corona.

Peran digitalisasi ini juga turut melibatkan kolaborasi dengan Babinkamtibmas dan Babinsa Kecamatan setempat.”Jadi lebih memudahkan dalam tracing karena sistemnya akurat,” terang putra mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan, Ir Soetjipto ini.

Politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa WS ini menjelaskan, data yang terupdate bisa terlaporkan dengan efektif dan cepat.” Kemandirian warga serta update data ini bisa langsung diketahui dan bisa langsung dideteksi oleh petugas Kampung Tangguh. Jadi langkah penanganan cepat,” katanya.

Alumnus ITS Surabaya ini terkesan dengan kegotong-royongan warga dalam memutus rantai virus covid-19. ”Bahkan saya lihat disini tidak ada satupun yang tidak bermasker saat beraktifitas di luar kampung. Ini bagus sekali,” katanya.

Sementara peran bantuan dari BIN (Badan Intelijen Negara) sudah membantu Pemerintah Kota Surabaya menekan jumlah penderita covid turut diapresiasi oleh WS (Sapaan Whisnu Sakti Buana).

“Kami sangat berterimakasih. Karena dalam penanganan corona perlu effort gotong-royong semua pihak. Tidak hanya Pemkot, BIN, Babinkamtibmas maupun Babinsa. Melainkan masyarakat sebagai ujung tombak yang paling bawah,” pungkas WS. [ifw/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar