Politik Pemerintahan

Dari Pintu ke Pintu, Pemkot Kediri Bagikan 12.271 KIS

Kediri (beritajatim.com) – Sejak pandemi Covid-19, ada beberapa perubahan pada sistem pelayanan di Kota Kediri. Salah satunya adalah pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS). Sejak kemarin 12.271 KIS dibagikan kepada masyarakat secara door to door atau dari pintu ke pintu di 46 Kelurahan di Kota Kediri.

Setiap kelurahan memiliki jumlah penerima yang berbeda. Di Kecamatan Kota ada 2920 penerima, Kecamatan Mojoroto 5140 penerima dan Kecamatan Pesantren sebanyak 4211 pemerima.

Sistem pembagian door to door ini digunakan untuk mengantisipasi adanya kerumunan dan peningkatkan angka penularan Covid-19 di Kota Kediri. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Triyono Kutut Purwanto. “Sejak tahun kemarin kita sudah menerapkan door to door saat membagikan KIS. Ini dilakukan oleh pendamping dari masing-masing kelurahan”, ujarnya.

Kutut menjelaskan bahwa pembagian dengan sistem door to door merupakan salah satu langkah untuk memastikan ketepatan penerima KIS. “Mulai dari usulan, pendataan dan realisasinya yang melakukan adalah pendamping. Jadi dengan pembagian secara door to door, para pendamping bisa mengecek secara langsung. Apabila ada kesalahan pencetakan pada kartu, atau perubahan data lainnya pendamping bisa langsung memberikan solusi kepada warga dan memberikan laporan kepada lurah setempat,” ujarnya.

Hal itu didukung dengan pernyataan Nur Badik, salah satu pendamping dari Kelurahan Kemasan. Selama pembagian KIS secara door to door ada beberapa pemasalahan dan pertanyaan yang kerap mereka jumpai.

“Kartu KIS yang kita bagikan ini datanya berasal dari usulan Prodamas, Pendamping Kelurahan juga warga sendiri. Dari KIS yang kita bagikan ada beberapa warga yang sudah meninggal ataupun pindah tempat tinggal. Apabila penerima sudah meninggal atau pindah kartu akan kita kembalikan ke kelurahan,” ujarnya.

Selain permasalahan tersebut, kesalahan pencetakan data diri penerima juga sering mereka jumpai. “Kalau ada warga yang data dirinya keliru, seperti salah alamat atau nama, kita sarankan untuk mengurus langsung ke kantor BPJS Kesehatan,” terang Nur usai membagikan KIS, Senin (30/8/2021).

Di kesempatan yang sama, Lurah Kemasan, Suntoro mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Kediri karena telah memberikan KIS kepada warga. “Alhamdulillah pembagian KIS kemarin dan hari ini berjalan lancar. Memang disaat seperti ini KIS sangat bermanfaat untuk masyarakat agar dapat memastikan kesehatan, terlebih di masa pandemi,” ujarnya.

Suntoro juga menyampaikan harapannya agar data-data yang masuk pada pendataan terbaru cepat terialisasikan. “KIS ini sangat dibutuhkan warga kami, karena kesehatan adalah kunci utama untuk bermasyarakat. Masyarakat juga sangat berharap KIS yang mereka usulkan segera terealisasi. Semoga data terbaru segera terealisasi dan semakin banyak warga yang merasakan manfaat dari KIS,” pungkasnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan salah satu warga Kelurahan Kemasan, Kesi. “Alhamdulillah saya merasa senang dan bersyukur mendapat KIS. Saya dan keluarga tidak perlu khawatir lagi jika ingin periksa ke puskesmas. Terimakasih Pemerintah Kota Kediri atas kartu KIS-nya, semoga semakin banyak lagi warga yang bisa dibantu,” ujar warga RT 3 RW 2 Kelurahan Kemasan ini. [nm/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar