Politik Pemerintahan

Dari 23 Usulan, Baru Tiga Raperda Sudah Siap

Anggota Badan Pembentukan Perda Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro Mochlasin Afan

Bojonegoro (beritajatim.com) – Anggota Badan Pembentukan Perda Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro Mochlasin Afan mengatakan, dari 23 usulan Raperda 2020, ada tiga Raperda yang sudah siap untuk segera ditindaklanjuti bersama.

Raperda yang sudah siap dan dibahas pada Februari ini adalah Raperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah, perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Kepala Desa.

Selain itu, kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro, Raperda yang lain sudah masuk Prolegda dan prosesnya sudah beberapa kali melakukan forum group discussion (FGD). Termasuk Raperda baru tentang Penyelenggaraan Pendidikan yang ditanganinya.

“Kami menunggu naskah akademik dan draft Raperda dari Universitas Bojonegoro yang digandeng untuk menyusun naskah akademik,” ujarnya, Senin (3/2/2020).

Selain dari tiga Raperda yang akan dibahas pada bulan Februari ini, Badan Pembentukan Perda DPRD dengan Tim Eksekutif akan memprioritaskan tiga Raperda pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “Tiga Raperda pembentukan BUMD yang akan dibentuk menjadi prioritas, karena hampir semuanya belum siap,” pungkasnya.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengaku masih terus memproses pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) baru. Prosesnya saat ini salah satunya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengelola BUMD tersebut. “Jalan terus dan kita siapkan untuk SDM-nya,” ujarnya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar