Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Dari 20 Raperda, 13 Sudah Sah Jadi Perda Kabupaten Probolinggo

Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo

Probolinggo (beritajatim.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo, sepanjang tahun 2021 mengesahkan 13 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda). Sedianya, ada 20 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang akan dibahas pada tahun ini.

Meski begitu, tujuh sisa Raperda yang belum diketok itu sudah disiapkan untuk dibahas bersama Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, dan Pemda sendiri menginginkan Raperda yang sifatnya lebih kontekstual untul dibahas terlebih dahulu.

“Rancangan Peraturan Daerah yang sifatnya lebih urgent. Tentu akan terlebih dahulu kami bahas agar nantinya bisa memiliki kepastian hukum,” ujar Kabag Hukum Setda Kabupaten Probolinggo, Priyo Siswoyo.

Dari 13 Perda tersebut, sudah ada dua Perda yang diteruskan dengan pembuatan Peraturan Bupati (Perbup). Hal ini dilakukan menurut Priyo untuk lebih menguatkan status hukum dari Perda tersebut.

“Dari sejumlah Perda yang sudah ditok, ada beberapa yang membutuhkan pembahasan cukup lama, karena materinya cukup kompleks,” paparnya.

Selain itu, ada tiga perda yang pembahasannya memakan waktu yang cukup lama sebelum disahkan, diantaranya Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022; Raperda Perubahan APBD 2021; dan Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Probolinggo tahun 2018-2023. “Tentu regulasi ini dibuat demi kemajuan Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Persidangan, Rapat Risalah, dan Protokol pada DPRD setempat, Bambang Julius mengatakan, untuk rancangan Peraturan Daerah yang belum dibahas nantinya kembali akan diusulkan pada tahun 2022.

“Nantinya tetap akan dibahas menyesuaikan situasi dan urgensi. Karena untuk pembahasan tahun ini terkendala dengan anggaran,” terangnya. [tr/but]

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar