Politik Pemerintahan

Danrindam V Brawijaya Pimpin Pembukaan Dikmata di Magetan

Magetan(beritajatim.com) – Dan Rindam V/Brawijaya, Kol Inf Trenggono membuka upacara pembukaan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD gelombang II tahun 2020 dengan peserta sebanyak‎ 302 orang bertempat di Lapangan Hitam Pusdik Secata Rindam V/BRW Kabupaten Magetan.

Pada kesempatan tersebut Danrindam V/Brawijaya mengucapkan selamat kepada seluruh siswa yang telah terpilih mengikuti pendidikan ini. Kalian patut bersyukur karena telah lulus dengan mampu bersaing secara sehat serta melewati tahapan seleksi dan ujian penyaringan yang cukup ketat meliputi aspek administrasi, kesehatan, jasmani, psikologi dan mental ideologi.

“Para siswa perlu berbangga dan tentunya, juga menjadi kebanggaan orang tua dan masyarakat, karena dapat terpilih menjadi yang terbaik,” tutur Kol Inf Trenggono, Senin (23/11/2020).

Ia berharap untuk membulatkan tekad para siswa untuk menjadi prajurit TNI AD, sehingga selalu akan mewarnai semangat kalian dalam mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD.

“Tunjukkan bahwa kalian memang mampu dan layak terpilih sebagai prajurit TNI AD dengan memenuhi kualifikasi kelulusan,” tegasnya.

Ia menambahkan, hal mendasar yang perlu siswa laksanakan adalah merubah sikap dan segera menyesuaikan diri dengan kehidupan yang baru yaitu kehidupan prajurit. Dunia kemiliteran selalu diwarnai oleh sikap disiplin, tertib, bertanggung-jawab, loyalitas, tegas, berani, disertai kehormatan diri yang tinggi.

Bersamaan dengan itu, siswa harus segera mempelajari, memahami dan menjiwai nilai-nilai dan norma keprajuritan yang terkandung dalam pedoman hidup prajurit yakni sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI.

Hal itu penting karena tujuan pendidikan ini adalah membentuk Prajurit Siswa menjadi Prajurit Tamtama TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku Sapta Marga, menguasai pengetahuan dan ketrampilan Dasar Keprajuritan serta memiliki kondisi kesamaptaan jasmani yang kuat dan sehat.

“Kalian harus memanfaatkan pendidikan ini untuk menyiapkan diri menjadi Tamtama profesional yaitu prajurit yang menguasai tugas pokoknya, serta mahir dalam penerapannya di lapangan,” pungkasnya.

Kol Inf Trenggono menyampaikan, sebagai pedoman dan bekal bagi siswa dalam menempuh pendidikan tahap pertama ini sebagai berikut.

1) Pertama, selalu berdoa dan beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing agar selalu tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dan apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai sesuai harapan.

2) Kedua, segera ketahui, pahami serta hayati norma-norma Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI kemudian terapkan dalam bentuk sikap dan perilaku sehari-hari.

3) Ketiga, pahami materi yang diajarkan dan dilatihkan dengan seksama, serta kembangkan semangat kebersamaan dan kekompakan, patuhi segala petunjuk dan perintah para pelatih.

4) Keempat, untuk menjadi seorang prajurit TNI AD, maka kalian prajurit siswa harus lulus dan mahir dalam hal fisik serta akademik seperti navigasi darat, menembak dan renang militer serta kemampuan-kemampuan dasar lainnya, karena nantinya kalian akan mengawaki Alutsista di Satuan jajaran TNI AD, harus memanfaatkan pendidikan ini untuk menyiapkan diri agar menjadi Tamtama TNI AD yang profesional menguasai tugas pokoknya dan mahir dalam penerapannya dilapangan guna mendukung tugas-tugas kalian ke depan.

Ia juga berpesan kepada para Gumil dan Pelatih untuk mempercayakan sepenuhnya calon prajurit terpilih ini agar dibentuk dan di didik secara baik dan benar. Sehingga kelak menjadi Tamtama  profesional, berjiwa kejuangan, berdisiplin dan memiliki loyalitas yang tinggi selaras dengan tujuan pendidikan pertama Tamtama TNI AD.

“Dikarenakan saat ini masih dalam pandemi covid untuk itu tetap laksanakan protokol kesehatan jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan guna memutus rantai penyebaran virus covid 19,” tutupnya.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar