Politik Pemerintahan

Beri Wawasan Kebangsaan

Danrem 083/BDJ Kunjungi Ponpes An-Nur I Bululawang

Malang (beritajatim.com) – Komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya (BDJ) Kolonel Inf Zainuddin, kunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nur I di Jalan Raya Diponegoro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Selasa (20/8/2019).

Kunjungan ini, sekaligus bersilaturahmi dengan KH Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur Rozi) selaku Pengasuh Ponpes An-Nur 1 Bululawang.

Dalam kunjungan tersebut, Danrem 083/BDJ didampingi Kasdim 0818 Kab Malang-Batu Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0818/Kabupaten Malang-Batu, Mayor Inf Teguh Prastowo.

Kedatangan Danrem 083/BDJ, Kolonel Inf Zainuddin di Ponpes An-Nur I disambut langsung oleh pengasuh Ponpes An-Nur I Gus Fahrur beserta ratusan santriwan dan santriwati dengan disambut permainan atraktif Drumband An-Nur I.

Kolonel Inf Zainuddin menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi, terlebih dalam tugas dan tanggung jawab sebagai Danrem 083/BDJ yang belum lama di embannya perlu adanya sinergritas bersama antara TNI, Polri, Forpimda juga komponen masyarakat lainya, bahkan para santri.

“Selain silaturahmi, kami juga memberikan pemahaman wawasan kebangsaan yang mana saat ini sangat diperlukan sebagai upaya pertahanan keamanan dalam negeri, dan menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ungkapnya.

Zainuddin melanjutkan, sebagai santri untuk hidup dalam bermasyarakat perlu menjunjung tinggi nilai-nilai dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa.

“Dengan nilai-nilai inilah yang bisa dijadikan dasar dalam pemberian makna suatu konsep dan arti dalam komunikasi antar-anggota masyarakat,” tegasnya.

Menurut Zainuddin, santri diharapkan bisa mengembangkan nilai-nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri dan demokratis. Santri juga harus memiliki rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab, dalam kehidupan bermasyarakat.

“Maka dari itu, santri haruslah bisa mengamalkan karakter budaya bangsa dalam bentuk perilaku dalam bermasyarakat, agar dapat lebih menghargai sesama dan menghapuskan sikap intoleransi antar umat beragama,” pungkasnya.

Di sisi lain, Pengasuh Ponpes An-Nur 1 Bululawang, KH Ahmad Fahrur Rozi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap kunjungan dan silaturahmi Komandan Korem 083/BDJ.

“Dengan adanya kunjungan dan silaturahmi ini, bisa membangkitkan semangat pada anak-anak untuk belajar dan memotivasi para santri supaya selalu berbakti pada pada orang tua dan menjunjung tinggi semangat kebangsaan,” Gus Fahrur mengakhiri. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar