Politik Pemerintahan

Dana BLT-DD Warga Gresik yang Terdampak Covid-19 Cair di 4 Desa

Gresik (beritajatim.com)- Masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19 yang ada di empat desa di wilayah Kabupaten Gresik, mulai bernafas lega. Pasalnya, dana bantuan langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bulan April 2020 sebesar Rp 600 ribu sudah cair.

Pncairan BLT-DD ini sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal , dan Transmigrasi nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan nomer 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dan Perauran Menkeu nomor 40/PMK.07/2020.

Keempat desa yang mendapat dana tersebut yaitu Desa Sidorejo, Kecamatan Bungah, Desa Baron, Kecamatan Dukun, Desa Dadapkuning dan Desa Kambingan Keduanya di Kecamatan Cerme.

Terkait dengan pencairan BLT dan DD ini, Wabup Gresik M.Qosim berpesan agar penerima BLT DD ini memanfaatkan uang tersebut untuk membeli kebutuhan pokok.

“Belilah beras dan kebutuhan pokok yang lain. Yang penting kebutuhan pangan selama sebulan kedepan bisa aman. Jangan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak penting,” ujarnya, Kamis (30/04/2020).

Ia juga meminta kepada para Kepala Desa (Kades), dan masyarakat jangan sampai ada tetangganya yang kelaparan. Silahkan laporan ke aparat bila ada warga yang kelaparan.

Suwarno (56) salah satu warga Desa Sidorejo mengaku sangat senang dirinya mendapat bantuan BLT serta DD. “Alhamdulillah dapat bantuan bisa meringankan kebutuhan sehari-hari,” paparnya.

Camat Bungah Kiki Nuryadi menuturkan, jumlah penerima di Desa Sidorejo sebanyak 45 kepala keluarga (KK). Dia masih mengusulkan 69 KK lagi untuk diajukan untuk mendapatkan dana dari APBD Pemkab Gresik.

Sementara itu, Camat Cerme Suyono mengatakan, saat ini pihaknya sudah mencairkan BLT-DD di dua Desa yaitu Dadapkuning sebanyak 100 KK dan desa Kambingan sebanyak 89 KK.

“Kami sudah melaksanakan Musyawarah desa pada semua desa sebagai syarat pencairan Dana BLT-DD ini. Sampai saat ini semua data Penerima di Kecamatan Cerme sudah terdata di Bank Jatim. Tinggal nunggu waktu giliran saja,” pungkasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar