Politik Pemerintahan

Dana Bantuan Sosial Virus Corona Warga Kota Malang Cair Rp10 Miliar

Pemkot Malang Mengajak Ibadah Di Rumah.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang telah menyiapkan dana bantuan sosial sebesar Rp10 miliar bagi warganya. Dana bantuan ini diberikan sebagai bekal untuk menghadapi penyebaran virus corona atau Covid-19. Apalagi Kota Malang merupakan zona merah di Jatim.

Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengatakan Pemkot Malang menyiapkan dana Rp58 miliar untuk mengatasi pandemi Covid-19. Sebanyak Rp 10 miliar diantaranya akan dibagikan kepada 17 ribu warga miskin dan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Malang.

“Dibagikan kepada warga miskin. Warga yang biasa mendapatkan bantuan non tunai seperti Program Keluarga Harapan (PKH) sesuai data Dinas Sosial. Di transfer hari ini sesuai janji Sekda (seketaris daerah),” kata Widianto, Selasa (31/3/2020).

Widianto mengungkapkan, dana bantuan sosial yang akan diberikan kepada warga Kota Malang sebesar Rp300 ribu. Bantuan sosial ini akan diberikan selama masa darurat virus corona. Yakni mulai bulan Maret hingga Mei mendatang.

Selain warga miskin, PKL juga akan menerimanya. Sebab, kebijakan psycial distancing yang dibuat berdampak pada penghasilan pedagang kecil. PKL yang akan mendapatkan bantuna adalah mereka yang biasa berjualan di sekolah, di tempat wisata, di pasar malam, dan unit usaha yang terdata di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Malang.

“Banyak PKL yang terdampak karena sekolah libur. Itu yang mendata Disdikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan). Kemudian PKL yang di Velodrom, Night Market itu yang mendata Disporapar (Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata),” tandas Widianto.

Sementara sisa anggaran dari Rp58 miliar akan digunakan untuk menunjang sarana dan prasarana RSUD Kedungkandang sebagai rumah sakit rujukan Covid-19. Kemudian membeli Alat Pelindung Diri (APD), pengadaan alat kesehatan, penunjang labolatorium kesehatan, pengadaan bilik Sico (bilik disinfektan) serta belanja bahan disinfektan. [luc/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar