Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Covid 19 Terkendali, Ekonomi Banyuwangi Diprediksi Tumbuh

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat rapat paripurna penyampaian nota APBD 2022 bersama DPRD Banyuwangi. (rin)

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kabupaten Banyuwangi tahun depan masih akan berfokus pada pengendalian Covid 19. Termasuk pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Hal ini yang tertuang dalam nota APBD Banyuwangi 2022 yang disampaikan oleh Bupati Ipuk Fiestiandani saat rapat paripurna bersama DPRD.

Ipuk mengatakan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banyuwangi diproyeksikan sebesar 4,27 persen sampai 5,29 persen. Ia lantas membeber di tahun 2022 seluruh sektor diprediksi mengalami peningkatan. Beberapa sektor yang tumbuh signifikan di antaranya sektor jasa sebesar 11,64 persen diikuti sektor informasi dan komunikasi sebesar 8,94 persen.


Catatan lain, sektor-sektor yang diperkirakan ikut bergerak positif seiring pembukaan destinasi dan penyelenggaraan atraksi wisata. Antara lain sektor penyediaan akomodasi dan makan minum dengan proyeksi kinerja pertumbuhan sebesar 8,77 persen, sektor konstruksi diprediksi akan tumbuh sebesar 8,59 persen.

Pertumbuhan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan diproyeksi tumbuh positif sebesar 1,68 persen. Sedangkan sektor pertanian menjadi tumpuan sebab kontribusinya sebesar 29,86 persen atau paling besar dibandingkan sektor-sektor lainnya.

“Seluruh proyeksi baik pendapatan, belanja maupun pembiayaan diharapkan dapat secara efektif menstimulasi pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Banyuwangi,” kata Ipuk.

“Saya berharap pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi tentang APBD Tahun Anggaran 2022 dapat berjalan lancar dan dilandasi dengan semangat untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat Banyuwangi,” pungkasnya. (rin/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar