Politik Pemerintahan

Covid 19, Situbondo Naik Status Siaga Darurat

Foto: Ilustrasi

Situbondo (beritajatim.com) – Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengkonfirmasi secara resmi menaikkan status daerahnya menjadi siaga darurat dalam penanganan virus corona atau covid 19. Meskipun, dia menyebut daerahnya masih negatif virus tersebut.

“Namun kewaspadaan agat kita tetap tetap siaga darurat, karena Jatim sudah memutuskan kondisi darurat,” ungkapnya saat konferensi pers, Senin (23/3/2020).

Bersamaan dengan itu, Dadang menyepakati, untuk menambah fasilitas kamar bagi penderita gejala corona. Termasuk menyediakan ruang isolasi khusus.

“Jadi ada 12 kamar kita siapkan di RS Abdur Raheem. Sebanyak 10 kamar standart biasa, jadi tidak dilengkapi penanaganan alat penunjang. Ini untuk pasien ODP yang disertai gejala menunjukkan ke arah dicurigai, batuk pilek, panas 37.5 ke atas muntah-muntah,”

“Kemudian dua kamar dilengkapi ventilator khusus untuk dugaan pasien mengarah ke covid, karena rujukan masih membutuhkan waktu jadi bisa dirawat di tempat ini dulu. Ini pengadaan satu buah ventilator harganya Rp 500 juta, jadi khusus standart penanganan isolasi. Ini juga menjawab kepastian masyarakat kita, bagi mereka yang resiko yang berkaitan dengan covid 19,” katanya.

Dadang juga melarang seluruh rumah sakit, Puskesmas, Klinik untuk merawat warga dengan keluhan atau gejala yang sama dengan covid. Pasien dengan gejala itu harus dibawa atau ditangani oleh rumah sakit yang telah ditunjuk.

“Jadi tidak boleh menerima, menangani atau merawat pasien dengan gejala itu,” tegasnya.

Sejauh ini, data Orang Dalam Pantauan (ODP) di Situbondo yang mengalami keluhan tercatat 78 orang dan dua Pasien Dalam Pantauan (PDP) berjumlah dua orang. Keduanya dirawat di Rumah Sakit dr. H. Koesnadi Bondowoso.

“Pasien tidak datang ke Situbondo, melainkan atas kesadaran sendiri ke Bondowoso ke RS dr. Koesnadi. Karena memang rumah sakit yang ditunjuk itu untuk wilayah sini ada di Jember, Bondowoso dan Banyuwangi. Dua orang ini masih dalam observasi, ini baru kita akan lakukan pemanntauan perkembangan keduanya,” tutupnya. [rin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar