Politik Pemerintahan

Coblosan Ulang di Malang Bertambah Jadi 3 TPS

Malang(beritajatim.com) – Jumlah TPS yang direkomendasikan Bawaslu Kota Malang untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) bertambah menjadi tiga TPS. Bawaslu pun telah mengirimkan rekomendasi itu ke KPU Kota Malang.

Ketua Bawaslu Kota Malang, Alim Mustofa mengatakan tiga TPS yang direkomendasikan PSU itu masing-masing, TPS 9 Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, TPS 14 Penaggungan, dan TPS 17 Sukoharjo, keduanya masuk Kecamatan Klojen.

“Sampai hari ini 3 TPS. Kami berikan rekomendasi itu ke KPU. Dan kita lakukan rapat pada hari ini bersama KPU,” kata Alim, Senin, (22/4/2019).

Alim merinci jenis-jenis pelanggaran di masing-masing TPS rata-rata karena penggunaan e-KTP. Seperti di TPS 14 Penaggungan sebanyak 3 warga nyoblos hanya bermodal e-KTP.

Kemudian di TPS 17 Sukoharjo, 8 orang datang ke TPS mengunakan hak pilih tanpa membawa surat A5. Di TPS 9 Bunulrejo ada 8 orang yang seharusnya dapat 2 surat suara namun justru mendapat 5 surat suara. Di TPS ini, 8 orang mengantongi surat pindah pilih atau form A5.

“Ya totalnya pelanggaran 19 orang, 8 di Bunulrejo, 3 di Penanggungan, dan 8 di Sukoharjo. Kini kita rapat persiapan PSU untuk menentukan tanggal PSU dengan KPU Kota Malang,” papar Alim.

Selain itu, Alim mengungkapkan hingga saat ini belum ada laporan lagi dari Panwascam terkait TPS lain yang direkomendasikan untuk PSU. Jika ditemukan pelanggaran lagi, Bawaslu bakal kembali memberikan rekomendasi ke KPU.

“Sejauh ini di Kota Malang sudah clear 3 PSU yang sudah direkom oleh masing Panwascam berdasarkan hasil penelitian di masing-masing kecamatan,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar