Politik Pemerintahan

Coblosan Sudah Dekat, KPU Tuban Lakukan Tahapan Sortir dan Pelipatan Surat Suara

Tuban (beritajatim.com) – Sejak mulai kemarin, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban sudah mulai melakukan tahapan Sortir dan Pelipatan Surat Suara dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Tuban 2020 yang tinggal menghitung hari, Kamisn(26/11/2020).

Proses tahapan sortir dan pelipatan Surat Suara Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Tuban itu melibatkan puluhan orang warga masyarakat yang telah direkrut oleh pihak KPU Tuban untuk pelipatan surat suara itu. Ditargetkan proses pelipatan surat suara untuk Pilkada Tuban itu akan selesai dalam waktu maksimal lima hari.

Data yang dihimpun beritajatim.com, untuk Surat Suara yang akan digunakan dalam Pilkada Tuban 2020 itu sudah datang di gudang KPU Tuban jalan raya Manunggal Selatan, Tuban sejak hari Selasa. Sesuai dengan tahapan, setelah surat suara datang maka kemudian dilakukan sortir guna mengetahui apakah surat suara layak sesuai dengan ketentuan atau tidak.

“Surat suara sudah datang semuanya. Sekarang ini tahapan yang kita lakukan adalah proses Sortir dan Lipat surat suara. Tujuannya Sortir adalah untuk mengidentifikasi surat suara yang baik maupun surat suara yang tidak baik,” terang Fathul Ihsan, Ketua KPU Kabupaten Tuban.

Dalam proses sortir akan periksa secara teliti kondisi hasil cetakan dari surat suara yang bergambarkan para Paslon Bupati Tuban itu yang akan bertarung dalam Pilkada Tuban serentak ini. Jika terdapat surat suara yang rusak, kondisi gambar tidak jelas, maupun ada tanda bercak ataupun kerusakan lainnya maka KPU akan meminta ganti kepada pihak percetakan.

“Sebelum dilipat petugas kita melakukan sortir lebih dahulu untuk mengidentifikasi Surat Suara ini layak atau tidak. Jika memang ada tanda bercak, atau gambarnya buram ataupun potongan kertasnya tidak simetris maka itu nanti kategorinya adalah tidak baik. Sehingga itu nanti tidak dilipat,” tambahnya.

Setelah memang benar-benar kondisi baik, surat suara tersebut langsung dilipat yang kemudian nanti akan dimasukan ke dalam masing-masing kotak suara. Dalam proses pelipatan itu melibatkan sebanyak 80 orang warga sekitar Tuban dari jumlah target untuk tenaga pelipatan surat suara itu sebanyak 100 orang.

“Targetnya tenaga yang melakukan pelipatan itu 100 orang, tapi yang datang sekitar 80 orang. Jumlah surat suara yang dilipat ini kan sesuai dengan DPT (Daftar Pemilih Tetap) plus 2,5 persen jadi sekitar sembilan ratus enam puluh ribuan surat suara, jadi target kita maksimal 5 hari, syukur-syukur bisa 4 hari,” papar Fathul Ihsan.

Sementara itu, proses pelipatan surat suara Pilkada Tuban itu mendapatkan pengamanan yang ketat dari semua pihak yang berwenang serta dilakukan penerapan protokol kesehatan. Semua tenaga pelipat surat suara yang akan melakukan kegiatan pelipatan dilakukan pemeriksaan dan sterilkan sebelum masuk serta mereka dilarang untuk membawa HP.[mut/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar