Politik Pemerintahan

Cetak Banyak Doktor, Fraksi PDIP DPRD Jatim Gandeng Untag

Surabaya (beritajatim.com) – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur menggandeng Universitas 17 Agustus 45 (Untag) Surabaya dalam upaya meningkatkan kualitas akademis anggotanya.

“Untuk meningkatkan kemampuan akademik dan kompetensi anggota Fraksi PDI Perjuangan dalam pengawasan DPRD, hari ini saya undang Tim Untag Surabaya untuk paparan akademik kelanjutan S2 dan S3,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, Dr Sri Untari Bisowarno M.AP, Senin (15/3/2021).

Untari mengatakan, partainya ingin meningkatkan kualitas anggota fraksi dengan mendorongnya sekolah lagi ke jenjang yang lebih tinggi.

“Harapannya kalau DPRD provinsi minimal S2. Untuk yang sudah S2 diharapkan bisa S3, agar makin banyak doktor di PDI Perjuangan,” jelasnya.

Dengan bekal akademik yang lebih meningkat, tambah Untari, nantinya ketika memberikan masukan kelegislasian bisa berdasarkan pertimbangan keilmuan yang basic akademisnya jelas.

Wakil rakyat yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim ini menyebut, langkah ini sangat diperlukan bagi anggota dewan. Sebab, terang dia, para anggota fraksi juga bisa dikatakan sebagai etalase partai.

Pihaknya menggandeng Untag sebagai perguruan tinggi yang sudah punya nama di negeri ini, dan fakultasnya terakreditasi A. “Kami menggandeng Untag, karena warna dan garis nasionalisnya sejalan dengan PDI Perjuangan,” ujar Untari.

Ada beberapa jurusan untuk program S2 maupun S3 di Untag, yang dinilai sesuai dalam peningkatan kualitas akademik anggota dewan. Seperti Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Hukum atau Doktor Ilmu Ekonomi.

“Itu beberapa jurusan yang ditawarkan Untag dan kemungkinan selaras dengan kebutuhan tugas para anggota dewan,” bebernya.

Tak hanya untuk meningkatkan akademik, tambah Untari, Fraksinya mengundang Tim Untag juga untuk membangun sinergi antara lembaga legislatif dengan kalangan kampus.

Sehingga, di legislatif ini akan banyak sumber-sumber, berbagai wacana yang bisa diterima, yang jadi referensi dasar dalam pengambilan keputusan fraksi misalnya.

“Ini bisa jadi referensi dasar dalam rangka membangun sebuah narasi yang memiliki kompetensi cukup,” terang Untari.

Sementara itu, Tim Untag Surabaya beranggotakan empat orang yang dipimpin Wakil Rektor II Dr Abdul Malik MM mengapresiasi langkah Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim.

Pihaknya juga merasa bersyukur dipercaya partai pemenang pemilu ini sebagai mitra kerja dalam peningkatan akademik anggota dewan.

“Kami siap dengan apapun yang dibutuhkan teman-teman anggota dewan terkait peningkatan SDM, sehingga outputnya bisa lebih berkualitas,” pungkas Abdul Malik. [tok/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar