Politik Pemerintahan

Cek Protokol Kesehatan di Perusahaan Industri, Bupati Mojokerto : Meja Kantin Wajib Sekat

Bupati Mojokerto saat mengecek penerapan protokol kesehatan di sejumlah pabrik. [Foto: istimewa]

Mojokerto (Beritajatim.com) – Bupati Mojokerto, mengecek penerapan protokol kesehatan di sejumlah perusahaan industri. Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Mojokerto ini, menginstruksikan agar meja kantin berpartisi atau ada penyekat untuk satu orang.

Hal ini dilakukan agar aktifitas makan bersama akan membuat seseorang melepas masker, sehingga memicu celah penularan Covid-19 lebih besar. Hal ini disampaikan saat mengecek protokol kesehatan di sejumlah perusahaan industri di wilayah utara sungai.

“Saya sudah cek kantin-kantin makan di perusahaan industri. Saya minta tegas harus ada sekat, ini wajib. Saya apresiasi bagi yang sudah melaksanakan. Bagi yang belum, terapkan secepatnya. Makan bersama berpeluang besar menyebarkan infeksi Covid-19,” ungkapnya, Selasa (3/8/2021).

Usaha mengendalikan wabah tersebut, lanjut Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini, harus dilakukan bersama. Beberapa waktu lalu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2021 tentang Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Tujuannya, untuk memastikan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin sesuai kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, Bupati terus melakukan pemantauan langsung penerapan protokol kesehatan di sejumlah perusahaan industri.

Mulai dari pintu masuk, kantin, rest area, tempat ibadah dan pelayanan kesehatan kerja yakni adanya Satgas Covid-19 internal. Termasuk menyiapkan tempat isolasi terpusat khusus bagi karyawan yang terindikasi terpapar.

“Tempat isolasi di perusahaan, nanti bisa bekerjasama dengan pelayanan kesehatan daerah dan bisa dikoordinasikan. Mengapa perusahaan diminta untuk menyediakan? Karena jika ada pagawai yang terpapar, mereka jangan sampai membawa virus itu ke rumah dan menularkan ke anggota keluarga,” katanya. [tin]


Apa Reaksi Anda?

Komentar