Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Cegat Truk Sampah Tak Layak dan Bau, Wawali Surabaya Akan Atur Jam Operasional

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji mencegat truk sampah yang tidak layak di flyover Banyu Urip pada Senin (27/6/2022). Hal itu dilakukan setelah viral truk sampah jenis dump truk yang lewat tengah kota ditengah jam sibuk dan menimbulkan bau tidak sedap.

“Ini seharusnya jangan lewat disaat jam-jam sibuk menimbulkan bau tidak sedap,” kata Wawali Armuji.

Politisi kawakan PDIP Surabaya ini menyebutkan dalam mengatasi permasalahan sampah Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah bekerja keras dalam meningkatkan standart kinerja. “Nanti akan diatur jamnya. Bagi truk yang tidak layak akan diganti dengan yang bercompactor. Sementara waktu akan diatur jam operasionalnya sehingga tidak lewat saat jam padat,” kata Cak Ji sapaannya.

Cak Ji menjelaskan memang belum semua kendaraan pengangkut sampah menggunakan compactor. Masih banyak truk sampah di metropolis yang menggunakan jenis dump truck. “Tahun ini Pemkot Surabaya bakal menambah dua unit truk compactor. Nantinya semua truk pengangkut sampah diganti menjadi truk compactor,” katanya.

Cak Ji menjelaskan DLH sudah menyiapkan anggaran untuk membeli dua unit truk compactor tahun ini. Truk dengan bak compactor memiliki kapasitas yang berbeda. Untuk yang kapasitas 10 meter kubik, anggaran yang disiapkan mencapai Rp 3,1 miliar. Sementara itu, yang kapasitas 6,5 meter kubik, anggaran yang disiapkan Rp 2,6 miliar.

Truk dengan bak memiliki keunggulan meminimalkan bau. Sebab, bak compactor dilengkapi dengan alat yang dapat memadatkan sampah. “Dengan demikian, air dari sampah dapat diminimalkan hingga tak menetes saat pengangkutan,” pungkas mantan Ketua DPRD Surabaya ini.[asg/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar