Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Jalin Kesepakatan dengan Pergunu Lamongan

Saat penandatangan kesepakatan pencegahan pelanggaran Pemilu antara Bawaslu dengan Pergunu Kabupaten Lamongan, di Hotel Grand Mahkota, Lamongan, Senin (6/12/2021).

Lamongan (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lamongan melakukan penandatanganan kesepakatan pencegahan pelanggaran Pemilu dengan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Lamongan, di Auditorium Hotel Grand Mahkota, Lamongan, Senin (6/12/2021).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal Bawaslu Kabupaten Lamongan, M. Nadhim mengungkapkan, kesepakatan ini dalam rangka melaksanakan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Melalui kesepakatan ini, kita akan memberikan sosialisasi kepada para guru di NU, mengenai pencegahan pelanggaran dalam Pemilu, khususnya juga sebagai persiapan Pemilu 2024,” ungkap Nadhim kepada wartawan.

Saat penandatangan kesepakatan pencegahan pelanggaran Pemilu antara Bawaslu dengan Pergunu Kabupaten Lamongan, di Hotel Grand Mahkota, Lamongan, Senin (6/12/2021).

Menurut Nadhim, kesepakatan ini dilakukan agar semakin banyak yang mengetahui aturan-aturan atau regulasi dalam Pemilu. Sehingga, akan sangat membantu Bawaslu dalam mencegah pelanggaran Pemilu di Kabupaten Lamongan.

“Kami membuka kerjasama dengan para guru di Pergunu ini untuk mensosialisasikan pengawasan partisipatif, yang mana kemarin kita juga sudah kerjasama dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) di Lamongan sebagai pendidikan partisipatif,” terangnya.

Lebih lanjut, Nadhim berharap, ke depan semakin banyak yang akan bekerjasama dengan Bawaslu, baik Perguruan Tinggi maupun organisasi masyarakat. Sehingga upaya pencegahan pelanggaran dalam Pemilu ini semakin massif.

Sementara itu, Ketua Pergunu Lamongan, Suroto, M.Ag menyatakan, melalui kerjasama ini, ke depan Pergunu dapat mengoptimalkan pendidikan partisipasif masyarakat dalam pencegahan pelanggaran pemilu.

“Pergunu menjadi relasi Bawaslu dalam proses penyelenggaraan pesta demokrasi, untuk meningkatkan hasil demokrasi tersebut bisa sangat baik. Khususnya terhadap para guru dan peserta didik yang berada di bawah naungan NU Lamongan,” tandas Suroto. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar