Politik Pemerintahan

Cegah Covid-19 Dalam Lapas Klas IIB Mojokerto, BPBD Berikan Bantuan APD

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini menyerahkan bantuan APD kepada Lapas Klas IIB Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Posko Tanggap Darurat Kekeringan dan Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) serta Covid-19, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menyerahkan bantuan untuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Mojokerto.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, sebagai upaya memutus rantai penularan dan penyebaran Covid-19. “Bantuan yang kita berikan kepada Lapas Klas IIB Mojokerto yakni APD (Alat Pelindung Diri),” ungkapnya, Kamis (15/10/2020).

Masih kata Zaini, bantuan tersebut berupa masker medis dan kain sebanyak 1.000 pcs, handsaniter 1 galon @ 5 liter, sabun cair 1 galon @ 5 liter, desinfektan 2 galon @ 5 liter, wastafel 1 set dan tandon air anti virus 1 unit.

“Kenapa Lapas? Karena Lapas jumlah penghuninya menurut informasi melebihi kapasitasnya dan yang kedua, langkah ini sebagai antisipasi pencegahan, penyebaran, penularan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di dalam Lapas. Terlebih penghuninya, banyak orang Kabupaten Mojokerto,” katanya.

Sehingga lanjut Zaini, pemberian bantuan APD ke Lapas Klas IIB Mojokerto dinilai lebih penting. Jumlah warga binaan di Lapas Klas IIB Mojokerto saat ini, sebanyak 653 orang. Dengan rincian, sebanyak 50 orang berasal dari Kota Mojokerto dan 603 orang berasal dari Kabupaten Mojokerto.

“Sementara jumlah karyawan di Lapas ada sebanyak 85 orang sehingga kiranya perlu kita bantu. Yang menarik tadi, kita memberikan bantuan tandon air anti virus. Tandon air anti virus ini dari Jerman, cara kerjanya air dimasukkan ke dalam tandon maka virus akan mati semua. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat,” ujarnya. [tin]





Apa Reaksi Anda?

Komentar