Politik Pemerintahan

Cegah Corona, Banyuwangi Batasi Rapat, Optimalkan Video Conference

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sekretaris Daerah Banyuwangi Mujiono mengatakan, Mal Pelayanan Publik dan Pasar Pelayanan Publik dipastikan tetap membuka layanan bagi masyarakat. Akan tetapi, pihaknya mengimbau warga untuk memanfaatkan layanan online sehingga meminimalisasi interaksi secara langsung.

“Yang sedikit berubah saat ini adalah untuk sementara petugas pelayanan publik tidak bersalaman dengan warga yang mengurus izin atau dokumen. Mohon dimaklumi, itu bukan berarti sombong, tapi sama-sama mencegah,” ujarnya, Selasa (17/3/2020).

Mujiono mengatakan, terkait pencegahan Covid-19, Pemkab Banyuwangi mengambil kebijakan terintegrasi yang dibagi per sektor, mulai kesehatan, pendidikan, pariwisata, hingga pelayanan publik.

Di sektor pelayanan publik, salah satu kebijakannya adalah tetap membuka MPP dan Pasar Pelayanan Publik, namun dengan langkah pembersihan, penyediaan pembersih tangan atau fasilitas cuci tangan pakai sabun, pengaturan jarak pengunjung, serta imbauan agar warga mengakses layanan online.

“Seluruh kantor pemerintah dan pengelola tempat pelayanan publik juga diinstruksikan meningkatkan kualitas sanitasi kantor dan lingkungannya termasuk menyiapkan fasilitas cuci tangan pakai sabun (CTPS) beserta kelengkapannya bagi karyawan dan pengunjung,” ujar Mujiono.

Di tingkat kecamatan, lanjut Mujiono, para camat diminta membentuk Satgas Pencegahan Covid-19 dengan mengoordinasikan lintas elemen di wilayahnya. Termasuk mengebut kampanye hidup sehat hingga ke kampung-kampung.

“Kami juga batasi perjalanan dinas ke luar daerah. Demikian pula dengan sangat terpaksa dan permohonan maaf, kami membatasi kunjungan dari luar daerah, termasuk studi banding dari berbagai kabupaten/kota yang biasanya cukup ramai di Banyuwangi,” ujar Mujiono.

Selain itu, Pemkab Banyuwangi akan mengoptimalkan metode rapat dengan video conference. “Termasuk rapat dengan camat, jajaran OPD, kami pilih opsi video conference,” pungkasnya. (rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar