Politik Pemerintahan

Cawabup Gresik Alif Janji Fasilitasi Produk UMKM Agar Masuk Toko Modern

Gresik (beritajatim.com) – Calon Wakil Bupati (Cawabup) Gresik, dr Asluchul Alif yang berpasangan dengan Cabup M.Qosim (QA) berjanji, memfasilitasi pelaku usaha UMKM agar produknya bisa masuk toko modern, atau waralaba.

Pasangan calon (Paslon) yang maju di Pilkada Gresik itu tidak main-main memasarkan produk unggulan UMKM.

“Nanti produk unggulan UMKM Gresik harus bisa dipasarkan di toko modern atau waralaba. Jika mereka tidak mau, izinnya akan dievaluasi,” ujar Cawabup Gresik, Rabu (14/10/2020).

Paslon nomor urut 1 ini juga sudah menyiapkan beberapa program peningkatan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif dalam visi-misinya.

“Wujudnya nanti pada akselerasi pendampingan program pemerintah daerah di sektor pertanian, peternakan, perikanan, UMKM dan usaha ultra mikro lainnya, mengembangkan ekosistem agro industri perdesaan dan BUMDes sebagai inkubator bisnis berbasis pedesaan,” ungkap Alif.

Ia menambahkan, selain strategi diatas. Dirinya juga mengedepankan daya saing ekonomi berbasis potensi lokal. Bisa berupa fasilitasi kemudahan akses permodalan, dan produk unggulan perdesaan berbasis e-commerce.

“Dalam program ini kami akan meluncurkan ‘Kartu UMKM Bangkit’. Melalui kartu ini pegiat UMKM dan ultramikro dibantu dalam kemudahan akses permodalan yang juga ditunjang dengan intervensi pemerintah daerah, dalam mendekatkan pasar menjadi solusi berkembangnya sektor UMKM,” imbuhnya.

Selain itu lanjut dia, juga ada Gresik Creative Center (GCC). Nantinya di setiap akses wilayah kerja Pembantu Bupati didirikan Co Working Space & Event. Kemudian menciptakan ruang bersama untuk meningkatkan intrepreneurship di kalangan milenial, sekaligus ruang aktualisasi bagi pegiat seni dan budaya daerah di Kabupaten Gresik.

Ada pula ‘BUMDes MAJU’. Menurutnya, etalase penjualan produk unggulan desa berbasis BUMDes adalah aktualisasi ekonomi kerakyatan yang hadir di setiap kecamatan. Kemudian terobosan-terobosan yang sangat solutif untuk mewujudkan kesejahteraan semua masyarakat.

“Kami akan mendirikan BUMD yang menyiapkan pasar produk warga lokal. Sehingga, pasar produk UMKM terjamin. Pasar juga akan terintegrasi dengan sistem pasar modern,” pungkasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar