Politik Pemerintahan

Cawabup Firjaun Barlaman Siapkan Trilogi Persaudaraan

Jember (beritajatim.com) – Calon wakil bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman memiliki resep untuk memelihara kerukunan antarumat beragama, yakni trilogi persaudaraan.

“Pertama, persaudaraan sesama agama. Siapapun kalau agamanya sama adalah saudara kita. Walaupun dari daerah lain,” kata pria pendamping calon bupati Hendy Siswanto ini, dalam debat publik putaran ketiga Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Jember, di Surabaya, Selasa (1/12/2020) malam.

“Kedua, persaudaraan sesama bangsa, sesama daerah. Siapapun itu, walau beda agama, tapi tunggal daerah, tunggal bangsa, itu adalah saudara kita. Ketiga, persaudaraan sesama manusia, baik itu berbeda agama, berbeda daerah, asal dia manusia, dia masih saudara kita,” kata Firjaun.

Menurut Firjaun, ketika memandang orang lain sebagai saudara, akan mengeliminasi konflik. “Trilogi persaudaraan ini harus kita kembangkan kepada masyarakat,” katanya.

Dengan demikian, tambah Firjaun, kelompok mayoritas tidak merasa memiliki kekuasaan. “Dan yang minoritas tidak memiliki rasa takut untuk menyampaikan aspirasinya, sehingga akan terjalin keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama,” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar