Politik Pemerintahan

Cawabup Dwi Astutik Ziarah ke Makam Pendiri NU

Sidoarjo (beritajatim.com) – Dua hari pasca ditetapkannya sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sidoarjo Kelana-Dwi Astutik, terus melakulan serangkaian kegiatan. Dwi Astutik melakukan ziarah ke makam salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Abdul Wahab Chasbullah di kompleks PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas, Jombang, Rabu (30/9/2020).

Dwi Astuti didampingi pengurus Muslimat Sidoarjo, berziarah ke makam pendiri NU yang biasa dikenal dengan sebutan Mbah Wahab setelah kunjungannya ke kediaman Nyai Machfudhoh Aly Ubaid, putri dari KH. Abdul Wahab Chasbullah.

Dengan ditemani ditemani Nyai Machfudhoh, Dwi Astuti yang juga pengurus Muslimat Jawa Timur itu khusyuk berdoa di depan pusara Kiai Wahab. Usai berziarah, Dwi Astutik mengungkapkan bahwa KH. Abdul Wahab merupakan salah satu figur sentral di dalam proses berdirinya Nahdlatul Ulama.

“Beliau merupakan salah satu pendiri NU dan pejuang bangsa, ulama pejuang kemerdekaan Indonesia, yang patut kita tauladani. Beliau tokoh kebangsaan dan juga keumatan ” kata Dwi Astutik.

Dia menambahkan, Kiai Wahab memiliki jasa besar untuk bangsa Indonesia. Di tahun 2014, Presiden Joko Widodo memberikan anugerah gelar Pahlawan Nasional. “Sosok Kiai Wahab menjadi tauladan masyarakat Indonesia, mempunyai jiwa nasionalis juga menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan. Selain terkenal sebagai ulama, Kiai Wahab juga dikenal sebagai pemikir progresif dan ulama lintas batas,” jelasnya.

KH Abdul Wahab Chasbullah merupakan perintis, pendiri, dan penggerak Nahdlatul Ulama (NU). Ulama ini berhasil memberikan inspirasi luar biasa bagi generasi penerus dalam mempertegas keyakinannya untuk selalu membela dan mencintai tanah air. Hal itu dituangkan dalam sebuah karya emasnya, yang berjudul “Yaa lal Wathon”. [isa/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar