Politik Pemerintahan

Catatan Wakil Ketua DPRD Jatim Soal Pilkada Kala Pandemi

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Ketua DPRD Jawa Timur sekaligus Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad memiliki catatan khusus terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang digelar pada Rabu (9/12/2020). Pihaknya memberikan apresiasi kepada banyak pihak.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kapolda, Pangdam V/Brawijaya, Kajati, Ketua KPU, Ketua Bawaslu beserta seluruh jajarannya sampai tingkat paling bawah yang telah bekerja keras mengawal penyelenggaraan Pilkada serentak hari ini. Pada hakekatnya Pilkada hari ini adalah hajat partai politik dalam menjalankan fungsi partai politik sebagaimana digariskan oleh UU tentang Parpol,” katanya.

“Dukungan dari Forkopimda Jatim amat besar dan hal itu akan membuktikan kualitas kehidupan demokrasi di Jatim selangkah lebih maju. Apalagi hal ini ditunjang oleh profesionalitas penyelenggara dan pengawas Pilkada, serta partisipasi masyarakat sebagai pemilih. Hal ini menjadi lebih bermakna karena Pilkada kali ini diselenggarakan dalam suasana pandemi covid-19 yang masih belum reda. Tentu hal ini menjadikan titik kerawanan lebih mendapatkan perhatian serius,” tambah Sadad.

Lebih lanjut, menurut Sadad, partai politik memiliki peran penting terkait pelaksanaan Pilkada di kala pandemi. “Parpol lebih punya tanggungjawab besar untuk mengantisipasi kerawanan tersebut. Karena parpol yang lebih bisa ‘mengendalikan’ paslon. Salah satunya dengan kembali pada sumber-sumber kebajikan tradisi Jawa Timur: nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake, dan lainnya. Bagi yang menang mesti bisa merangkul, dan yang kalah harus legawa,” paparnya.

“Harmoni yang tercipta di pemerintahan daerah Provinsi Jawa Timur selama beberapa periode ini layak dijadikan contoh. Meskipun tiga kali perhelatan Pilkada berlangsung dengan sangat ketat, akan tetapi iklim politik terjaga dengan baik kondusifitasnya. Pada akhirnya akan kembali pada kedewasaan aktor- aktor politik dan elit parpol yang sedang punya hajat ini untuk menjaga kesejukan Jatim,” pungkas Sadad. [ifw/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar