Politik Pemerintahan

Cara Selesaikan Covid, Bupati Hendy: Lapor Gusti Allah

Hendy Siswanto dan Firjaun Barlaman (foto: Oryza A. Wirawan)

Jember (beritajatim.com) – Hendy Siswanto lupa menyinggung masalah penanganan pandemi Covid-19 dalam pidato perdananya sebagai bupati, dalam malam silaturahmi dengan pejabat dan tokoh masyarakat, di Pendapa Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat malam (26/2/2021).

“Gara-gara saya tidak berpengalaman jadi bupati, saya jadi lupa tentang Covid tadi. Kalau punya pengalaman, enak, saya omong sekalian,” kata Hendy, saat diingatkan oleh salah satu wartawan dalam sesi tanya jawab.

Hendy mengatakan, Covid-19 berasal dari Tuhan. “Makhluk ini milik Gusti Allah. Kalau mau menyelesaikan makhluk ini, ya lapor kepada Gusti Allah. Caranya lapor ya berdoa bersama-sama. Kami akan berdoa bersama-sama secara kontinyu selama satu bulan. Di mana Bapak dan Ibu berada ya di situ berdoa. Jamnya akan kami tentukan, setelah kami diskusikan bersama tim gugus tugas,” katanya.

“Menurut saya, yang dinilai Gusti Allah adalah keseriusan, istikomah. Sebulan kita berdoa kepada Allah: ‘Ya Allah, angkat ini Covid. Ini kan gadah panjenengan, Gusti. Pundhut, Gusti (Ini milik-Mu, Tuhan. Ambillah kembali, Tuhan, red). Itu hablumminaallah (urusan dengan Tuhan). Hablumminannas-nya (urusan dengan manusia), tetap 3 M kita lakukan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak,” kata Hendy.

“Pemerintah sudah mencanangkan vaksinasi. Saya berharap semua warga di Kabupaten Jember bisa divaksinasi semua,” kata Hendy. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar