Politik Pemerintahan

Cantelan Sayur, Upaya Warga Kota Kediri untuk Berbagi Secara Mandiri

Kediri (beritajatim.com) –  Setiap pagi, 100-200 paket sayur segar digantung di depan kantor Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Program yang bertajuk Semangat Berbagi Semangat ini diinisiasi oleh M.Ridwan, Camat Mojoroto yang didukung stafnya. Tujuan utamanya bukan sekadar berbagi sayuran, namun untuk memantik kepedulian masyarakat dengan tetangganya.

“Kita ingin sosialisasi dan edukasi untuk peduli terhadap warga di sekitarnya,” kata M. Ridwan usai memantau warga yang membagikan dan juga mengambil paket sayur di depan kantor Kecamatan Mojoroto, Kamis (11/6/2020).

Menurut Ridwan, banyak program bantuan yang sudah diberikan baik dari pusat, provinsi, dan pemkot selama pandemi. Pada kesempatan pandemi ini, Ridwan ingin membudayakan jiwa berbagi yang sebetulnya sudah ada di masyarakat. Tinggal membutuhkan pemantik saja.

Pandemi ini memberikan imbas pada semua lapisan masyarakat, baik yang terdampak langsung maupun yang tidak langsung dan tidak tahu kapan berakhir. Oleh karena itu, Ridwan ingin menguatkan solidaritas masyarakat untuk peduli pada sesama. Cantelan sayur di papan depan kecamatan hanya sebagai pemantik, harapannya program ini dilakukan di setiap RT.

“Kalau saya mengamati, cantelan sayur ini cepat habis. Artinya masyarakat banyak yang butuh. Kalau dinilai nominalnya tidak besar, tapi bagi yang membutuhkan ini sangat berarti,” tambah Ridwan. Apalagi gerakan ini dari dan untuk masyarakat. Siapa saja boleh mencantelkan dan siapa saja boleh mengambil.

Paket ini terdiri dari sayuran segar dan lauk pauk dengan nominal sekitar Rp 10.000,-/paket. Setiap pukul 07.30 WIB hingga selesai, diletakkan di sebuah papan depan kantor kecamatan mulai 2 Juni 2020 hingga kini. Warga yang mengambil tak hanya di sekitar kecamatan tapi bahkan ada yang jaraknya jauh dan sengaja datang untuk mengambil.

“Ini murni sumbangan personal, bukan lembaga. Awalnya dari staf kecamatan, lalu saya ajak para lurah di kawasan Kecamatan Mojoroto. Sekarang juga beberapa karyawan kantor sekitar mulai ikut partisipasi,” terang Ridwan.

Pagi ini, staf dari BRI Unit Pasar Bandar juga ikut membantu sayuran pada kloter kedua. Pukul 08.30 WIB, mereka datang untuk mencantelkan sayuran dan tak berapa lama warga pun mengambil.
“Ini amal dari staf kami. Kami mencari uang di sini, maka kami juga berbagi rezeki di sini. Sekaligus untuk tolak bala agar pandemi ini segera berlalu,” kata M. Riza Nurdhin, Kepala BRI Unit Pasar Bandar. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar