Politik Pemerintahan

Calon Perseorangan ‘Malang Jejeg’ Serahkan 133 Ribu KTP ke KPUD

Malang (beritajatim.com) – Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Malang dari jalur perseorangan atau independen, Heri Cahyono (Sam HC) dan Gunadi Handoko hari ini resmi menyerahkan syarat minimal dukungan di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Malang, Jumat (21/2/2020) sore.

Diantar ratusan pendukungnya, pasangan berjargon Malang Jejeg jni menaiki Delman dengan memakai pakaian adat Madura dan Jawa. Kedatangan Sam HC dan Gunadi Handoko ini, disambut Solawat Badar dan kesenian kuda lumping. Setibanya di KPUD Kabupaten Malang, calon perseorangan pada Pilbup Malang 2020 nanti, langsung disambut Ketua dan Komisioner KPUD.

Ada 133 ribu berkas E-KTP yang diserahkan ke KPU sebagai syarat minimal dukungan perseorangan oleh Sam HC. Dalam aturan, bacalon kepala daerah harus menyerahkan minimal 6,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap atau DPT terakhir.

“Saya hari ini dan pak Gunadi, kami bersyukur atas dukungan masyarakat yang begitu deras. Ada 133 ribu KTP yang diserahkan. Masih ada cadangan yang banyak di Omah Malang Jejeg. Insya Allah itu sudah mencukupi. Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan dukungan ini,” kata Sam HC.

Ditambahkannya, seluruh berkas yang diserahkan hari ini dijamin bukan data fiktif.

“Tim Malang Jejeg sudah bekerja luar biasa. Di awal, kami sudah verifikasi KTP ini. Ini terstruktur mulai dari Kordes. Dia bertanggung jawab dengan satu KTP yang disetor. Datanya benar dan bisa dipertanggung jawabkan 100 persen. Kami meyakini 100 persen akan lolos,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Anis Suhartini menjelaskan, ini adalah proses awal atau pemenuhan syarat dukungan. “Ini harus dipenuhi dulu syarat dukungannya. Yang harus dipenuhi calon perseorangan yakni B1 KWK dan B11 KWK. Nah ini harus asli dan salinan. Kemudian B2 KWK. Kalau belum menyerahkan, ini belum bisa kami terima dan harus dipenuhi sampai nanti tanggal 23 Februari 2020. Jika memang sudah terpenuhi semuanya, kita hitung tadi 133 ribu dengan fisiknya B1,” ujar Anis.

Anis melanjutkan, sebelum berita acara dibuat, verifikasi adminsitrasi calon perseorangan akan dilakukan tanggal 26 Februari 2020. Setelah itu, baru verifikasi faktual dan kita rekap. “Kalau nanti ada kekurangan, pasti akan kami sampaikan ke tim Malang Jejeg,” pungkas Anis. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar