Politik Pemerintahan

Calon Penumpang Kapal Motor di Sampang Tak Wajib Bawa Surat Sehat

Pelabuhan Trunojoyo

Sampang (beritajatim.com) – Penumpang kapal motor antar kota, saat ini tidak diwajibkan membawa surat sehat atau hasil rapid tes. Pasalnya, Dinas Pehubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur dengan pihak terkait memberlakukan kebijakan bahwa bagi calon penumpang kapal perintis cukup dicek dengan thermo gun.

“Saat ini penumpang kapal perintis tidak perlu membawa surat keterangan sehat atau hasil rapid tes non reaktif,” terang Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang, Yulis Juwaidi, Rabu (29/7/2020).

Yulis menambahkan, terdapat empat poin penting yang disepakati dalam rakor tersebut diantaranya penumpang dari Pelabuhan Branta, Pelabuhan Taddan Trunojoyo, Pelabuhan Gilimandangin dan Pulau Gili Ketapang cukup dilakukan thermo gun.

Begitu juga penumpang dari Pelabuhan Probolinggo yang ber-KTP Kota/Kabupaten yang melakukan perjalanan komuter. “Protokol kesehatan tetap diterapkan. Hanya sekarang tidak perlu memakai surat keterangan sehat,” tegasnya.

Masih kata Yulis, kebijakan tersebut diambil karena beberapa pertimbangan. Diantaranya, minimnya masyarakat yang memanfaatkan kapal perintis untuk alat transportasi. “Ada berbagai problem. Selain karena masyarakat dipungut untuk tes, tenaga medis tidak stand by di lokasi,” pungkasnya. [sar/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar