Politik Pemerintahan

Calon Penerima BSU BPJamsostek di Kabupaten Mojokerto Mayoritas Buruh Pabrik

Kepala Disnaker Kabupaten Mojokerto, Nugroho Budi Sulistyo. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Ada sebanyak 75.000 pekerja di Kabupaten Mojokerto masuk daftar calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Puluhan ribu pekerja mayoritas buruh pabrik.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Mojokerto, Nugroho Budi Sulistyo mengatakan, dari jumlah 75.000 pekerja yang memenuhi syarat penerima BSU Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJamsostek) mayoritas adalah buruh pabrik dan sisanya pekerja swasta non Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Seperti perangkat Kelurahan atau Desa terdaftar kepesertaan BPBPJamsostek. Karena tidak semuanya perangkat Kelurahan/Desa mempunyai BPJamsostek lantaran tergantung dana dari APBdes pada daerahnya masing-masing,” ungkapnya, Sabtu (29/8/2020).

Syarat calon penerima subsidi BSU yaitu pekerja non PNS gaji dibawah Rp5 juta yang terdaftar kepesertaan BPJamsostek aktif minimal Juni 2020. Sebanyak 75.000 pekerja calon penerima subsidi BSU berasal dari sekitar 10.000 perusahaan berbagai bidang yang aktif beroperasi di wilayah Kabupaten Mojokerto.

“Masyarakat khususnya kawan-kawan pekerja pabrik gaji dibawah Rp5 juta pastinya terdampak pandemi,” katanya. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar