Politik Pemerintahan

Calon Kepala Desa 5 Orang Lebih, Pemkab Bojonegoro Lakukan Seleksi Tes Tulis

Petugas Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro melakukan pemeriksaan kepada peserta tes tulis calon kepala desa.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Bojonegoro melakukan seleksi tes tulis bagi calon kepala desa yang akan ikut perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Tes tulis dilakukan bagi calon kepada desa yang lebih dari lima orang.

Tes tulis yang dilakukan untuk menyeleksi calon kepala desa itu diikuti sebanyak 54 orang dari delapan desa, di enam kecamatan. “Sesuai tahapan pelaksanaan Pilkades serentak gelombang ketiga 2020 hari ini seleksi tes tulis bagi calon kepala desa, ujar Plt DPMD Pemkab Bojonegoro, Djuana Poerwiyanto, Rabu (5/2/2020).

Pelaksanaan tes tulis akademik tambahan bagi Bakal Calon (Balon) Kepala Desa yang lebih dari lima dalam Pilkades serentak gelombang III 2020, dilakukan di aula kantor (DPMD), Jalan Panglima Sudirman. Seleksi bakal calon kepala desa tersebut mendapat pengawalan ketat dari Polres Bojonegoro.

Kabag Ops Polres Bojonegoro, Kompol Teguh Santoso mengatakan, selain melakukan pengawalan selama proses tes, sebelumnya naskah tes tertulis akademik itu juga di simpan di Polres Bojonegoro. Pengamanan dilakukan agar pelaksanaan tes tertulis akademik tambahan bisa berjalan tertib, aman dan lancar.

”Dilakukan tes tertulis ini karena pendaftar kandidat balon kades dimasing-masing desa lebih dari lima orang. Sementara calon yang akan diikut sertakan dalam pelaksanaan pilkades serentak, maksimal sebanyak lima orang,” ujarnya.

Sekadar diketahui, dalam seleksi tes tertulis jumlah bakal calon Kepala Desa diikuti sebanyak 54 orang dengan rincian 44 calon laki-laki dan 10 perempuan dari delapan desa di enam kecamatan. Total Pilkades serentak itu akan diikuti sebanyak 233 desa.

Desa yang memiliki kandidat bakal calon kepala desa dengan rincian, Desa Kuniran Kecamatan Purwosari, calon 6 orang. Desa Tengger Kecamatan Ngasem, calon 7 orang. Desa Wadang Kecamatan Ngasem, calon 8 orang. Desa Banjarjo Kecamatan Padangan, calon 6 orang. Desa Tembeling Kecamatan Kasiman, calon 6 orang. Desa Sekaran Kecamatan Kasiman, calon 8 orang. Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan, calon 6 orang. Desa Glagahwangi Kecamatan Sugihwaras, calon 7 orang. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar