Politik Pemerintahan

Calon Kepala Daerah Independen Muncul di 14 Kabupaten dan Kota

Jember (beritajatim.com) – Dari 19 kabupaten dan kota yang menggelar pemilihan kepala daerah di Jawa Timur, calon kepala daerah perseorangan atau independen muncul di 14 kabupaten dan kota.

“Jumlahnya banyak. Surabaya sudah ada lima calon, Jember dua calon, Lamongan dua calon, Blitar dua calon. Angka pastinya belum saya jumlah,” kata Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jatim Insan Qoriawan, saat di Jember, Kamis (6/2/2020).

Menurut Insan, sejauh ini baru di Jember, kandidat petahana mengambil berkas pencalonan dari jalur perseorangan. “Di tempat lain bukan petahana, tapi masyarakat biasa dan tokoh-tokoh lokal,” katanya.

Penyerahan dokumen dukungan bakal calon perseorangan dijadwalkan pada 19-23 Februari 2020. “Kami ingin memastikan semua penyelenggara di kabupaten dan kota memahami tata cara penerimaan dokumen itu,” kata Insan.

Pasangan calon perseorangan harus menyerahkan dokumen dukungan dengan dilampiri foto kopi KTP dari sejumlah pendukung minimal sebanyak yang ditentukan KPU masing-masing daerah. “Jumlah ini tergantung (jumlah pemilih terdaftar di) kabupaten dan kotanya,” kata Insan.

Dokumen dukungan adalah pernyataan pribadi tanpa materai. “Yang terpenting ada tanda tangan dan foto kopi KTP elektronik,” kata Insan.

KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan faktual. “Yang lolos verifikasi administrasi akan dilanjutkan verifikasi faktual yang dilaksanakan PPS (Panitia Pemungutan Suara) ,” kata Insan. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar