Politik Pemerintahan

Calon Haji Gagal Berangkat Lagi Tahun Ini, Wagub Emil Dardak Bersimpati

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meminta kepada seluruh anggota Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Jatim agar terus memberikan dukungan dan motivasi kepada pada calon jamaah haji yang gagal berangkat tahun ini.

“Kepada keluarga besar IPHI, kalau kenal nama calon haji nya mohon diberi motivasi. Mereka sudah menjadi keluarga kita, walau masih status calon haji, mereka sudah menjadi bagian dari kami,” kata Emil Dardak pada Pengukuhan IPHI Kab. Bondowoso, Sabtu (5/6/2021).

Emil yang juga Ketua IPHI Jawa Timur, turut bersimpati mengenai para calon jamaah haji yang gagal untuk berangkat dimana seharusnya dijadwalkan berangkat sejak tahun lalu.

“Kita turut merasakan bagaimana perasaan para calon jamaah haji, kalau diingat dulu bade tindak haji, ada rasa luar biasa namun dapat bayangkan jika tertunda bukan hanya sekali tapi dua kali,” kata Emil.

“Kita doakan semoga yang ingin berangkat agar senantiasa diberikan kesehatan,” imbuhnya.

Emil mengemukakan bahwa kata kunci di IPHI adalah persaudaraan agar dapat menjaga kemabruran haji yang sifatnya sepanjang hayat.

“Kata kuncinya persaudaraan, kita disini untuk bersaudara dan mempererat tali silaturrahmi, berkat dari itu akan ada terciptanya hal baik untuk kita dan tentunya masyarakat,” tegasnya.

Mantan Ketua PCI NU Jepang ini menghormati dan percaya kepada pusat yang dalam hal ini Kementerian Agama terkait peraturan pembatalan pemberangkatan calon haji.

“Kita menghormati dan percaya bahwa pusat mengambil keputusan serta mengambil kebijakan yang paling baik. Kita memahami kesulitan Kementerian Agama, bukan berarti kami mendorong untuk iya di batalkan, kalau bisa ya alhamdulillah,” ujarnya.

Emil pun mengutarakan bahwa IPHI siap menerima dan mewadahi aspirasi terkait kebijakan pembatalan pemberangkatan calon jamaah haji.

“Segala aspirasi yang masuk ke IPHI, dalam kapasitas sebagai IPHI, tentu kita akan teruskan kepada Kemenag, jadi kami menghormati aspirasi para calon jamaah haji dan menghormati posisi Kemenag. Namun hingga saat ini kami dari IPHI belum menerima informasi apa-apa,” tutupnya. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar