Politik Pemerintahan

Caleg Perempuan PKB Jember Paling Banyak Terpilih

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 50 anggota DPRD Jember, Jawa Timur, 2019-2024 sudah terpilih. Sembilan orang di antaranya adalah perempuan.

Jumlah ini lebih sedikit dari periode sebelumnya. Pemilu 2014 menghasilkan 10 caleg terpilih perempuan. Dalam perjalanannya, jumlah legislator perempuan menjadi sebelas orang setelah ada pergantian antar waktu.

Partai Kebangkitan Bangsa dalam pemilu 2019 mengirimkan paling banyak dari caleg perempuan ke parlemen. Tiga dari delapan caleg terpilih PKB adalah kaum hawa.

Para caleg perempuan terpilih itu adalah Suharyatik (Gerindra), Indriyati (PDI Perjuangan), Retno Asih Juwitasari (Nasdem), Feni Purwaningsih (PKS), Susmiati (PPP), Dewi Asmawati (Perindo), Tatin Indrayani, Sunarsi Khoris, dan Sri Winarni (PKB).

Dari semua nama itu, empat orang adalah petahana yakni Suharyatik, Indriyati, Tatin Indrayani, dan Sunarsi Khoris. Ini membanggakan Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember Ayub Junaidi. “PKB partai pencetak kader perempuan,” katanya.

Lilik Ni’amah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Jember dan legislator DPRD setempat periode 2014-2019, menyambut gembira kehadiran para perempuan di parlemen. “Besar harapan saya mereka bisa mewarnai kebijakan-kebijakan pemerintah, tamanya yang berbasis kepentingan perempuan dan anak,” katanya. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar