Politik Pemerintahan

Cakades Serentak Gelombang 3 di Bojonegoro Akan Dilantik April Mendatang

Djuana Poerwiyanto, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) – Calon Kepala Desa (Cakades) terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang 3 pada Februari 2020 lalu akan dilantik pada April 2020 mendatang.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Djuana Poerwiyanto mengatakan, rencananya pelantikan bagi kepala desa terpilih sesuai jadwal akan dilakukan pada April 2020 mendatang.

Meski begitu, ada beberapa pelaksanaan Pilkades yang masih terjadi gugatan maupun berselisih. Dua desa terjadi perselisihan, di Desa Suwaloh, Kecamatan Balen dan Desa/Kecamatan Gayam.

“Perselisihan di dua desa itu tapi sudah diatasi dengan mediasi, sehingga tidak mempengaruhi hasil. Katanya ada pihak-pihak yang mempengaruhi dalam perhitungan suara,” ujarnya, Jumat (13/3/2020).

Sedangkan yang terjadi gugatan berada di Desa Bogo, Kecamatan Kapas. Salah satu calon Kepala Desa Rengkuh Enggaling Arif Kurniawan menggugat Ketua Panitia Pilkades ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya.

“Gugatan itu dilayangkan karena panitia menilai berkas persyaratan penggugat tidak lengkap, sehingga tidak diloloskan oleh panitia,” terangnya.

Meski ada gugatan, lanjut Djuana, namun proses tahapan Pilkades tetap berjalan. Pilkades serentak gelombang 3 itu diikuti sebanyak 223 desa di 28 Kecamatan. [lus/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar