Politik Pemerintahan

Cakades Protes, 7 Panitia Pilkades Datangi Pemkab Mojokerto

Mediasi antara Panitia Pilkades dengan Pemkab Mojokerto. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Ada tujuh Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) mendatangi kantor Pemkab Mojokerto. Mereka menyampaikan keberatan hasil Pilkades lantaran adanya Calon Kepala Desa (Cakades) memprotes banyaknya surat suara yang tidak sah akibat coblosan ganda.

Tujuh desa tersebut, Desa Medali Kecamatan Puri, Desa Kebontunggul Kecamatan Gondang, Desa Karang Kedawang Kecamatan Sooko, Desa Purwojati Kecamatan Ngoro, Desa Banyulegi Kecamatan Dawarblandong, Desa Bangun Kecamatan Pungging, dan Desa Pagerluyung Kecamatan Gedeg.

Ketua Panitia Pilkades Medali, Aqib Ma’rufin mengatakan, pihaknya menyampaikan sejumlah keberatan yang diajukan oleh Cakades nomor urut 02, Isnaini. “Tuntutannya mengeluhkan jarak antara meja saksi dengan meja penghitungan yang berdekatan,” ungkapnya, Jumat (1/11/2019).

Masih kata Aqib, Cakades nomor urut 2 tersebut menilai akibat dekatnya jarak antara meja saksi dengan meja penghitungan sehingga ada intimidasi dari kelompok massa. Pihaknya masih menunggu keputusan selanjutnya dari Wakil Bupati Mojokerto terkait tuntutan tersebut.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Medali sebanyak 3.493 pemilih. Hasil Pilkades, suara sah sebanyak 3.156, suara tidak sah sebanyak 39, tidak hadir sebanyak 298 suara. Sementara perolehan suara, Cakades nomor urut 1 Miftahudin mendapatkan 2.672 suara, sedangkan nomor urut 2 Isnaini mendapatkan 484 suara.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Panitia Pilkades Kebontunggul, Hartono. Pihaknya sudah menjalankan pilkades sesuai dengan tata tertib (tantib). “Tuntutan dari Cakades nomor urut 2 Ngatimun mengeluhkan surat suara yang tidak sah sebanyak 279 lembar,” ujarnya.

DPT di Desa Kebontunggul sebanyak 1.365 pemilih, suara sah sebanyak 992, suara tidak sah sebanyak 279 dan tidak hadir sebanyak 94 suara. Dengan perolehan suara Cakades nomor urut 1 Siandi sebanyak 520 suara dan nomor urut 2 Ngatimun sebanyak 472 suara. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar