Politik Pemerintahan

Cakades di Pamekasan Ikrar Deklarasi Damai

Pamekasan (beritajatim.com) – Para calon kepala desa (cakades) bersama jajaran Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) se Pamekasan, menggelar Deklarasi Damai menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019.

Kegiatan yang dimotori Polres Pamekasan bersama Polsek Jajaran, serentak menggelar Deklarasi Damai di 13 kecamatan berbeda di Bumi Gerbang Salam, Minggu (8/9/2019). Hal tersebut sebagai upaya menciptakan situasi aman, damai dan kondusif pada pelaksanaan Pilkades yang akan digelar serentak, Rabu (11/9/2019) mendatang.

“Deklarasi Pilkades Damai ini digelar serentak di seluruh kecamatan di Pamekasan, dihadiri para calon kades, Forpimka dan warga masyarakat lainnya,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo, melalui Kasubag Humas Polres Pamekasan, IPTU Nining Dyah.

Tidak hanya deklarasi damai, kegiatan tersebut juga dilakukan berbagai rangkaian kegiatan lain secara bersama-sama. Demi tetap menjalin silaturahmi antar warga bersama aparat, termasuk TNI-Polri. “Selain kesepakatan deklarasi damai, juga digelar jalan santai dan senam bersama,” ungkapnya.

“Sementara untuk Deklarasi Damai sendiri, dilakukan oleh para calon kepala desa di setiap kecamagan berbeda. Dilanjutkan dengan doa bersama dengan harapan pelaksanaan Pilkades berlangsung damai dan selanjutnya digelar ramah tamah,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya menegaskan pelaksanaan deklarasi damai sebagai salah satu bentuk komitmen Polres Pamekasan bersama Polsek Jajaran, guna merealisasikan pilkades damai, lancar dan kondusif. “Para calon kepala desa juga sama-sama komitmen untuk menciptakan situasi kondusif,” pungkasnya.

Pelaksanaan pilkades di Pamekasan akan digelar serentak di 91 desa berbeda di 13 kecamatan berbeda. Tiga kecamatan berbeda masuk katagori terbanyak yang akan melaksanakan pilkades, yakni kecamatan Proppo dengan total sebanyak 13 desa, disusul kecamatan Pademawu sebanyak 12 desa, serta kecamatan Tlanakan dengan 11 desa.

Sementara dua kecamatan dengan jumlah desa paling sedikit yang akan melaksanakan pilkades serentak, yakni kecamatan Pamekasan (Kota), yakni hanya empat desa berbeda; Desa Laden, Nyalabuh Dheje, Toronan, dan Teja Timur. Terakhir Kecamatan Waru, yakni Desa Ragang, dan Tampojung Pregi. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar