Politik Pemerintahan

Cak Nur Santuni Tiga Keluarga Miskin yang Sakit Menahun

Sidoarjo (beritajatim.com) – Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin mendatangi tiga keluarga miskin di RT 8 RW 2 Desa Semambung, Kecamatan Gedangan, untuk memberikan bantuan uang tunai dan sembako, Jumat (8/5/2020).

Keluarga pertama yang dikunjungi Wabup Sidoarjo adalah rumah Harsoyo (67). Dia kondisinya sakit menahun atau terbaring selama 13 tahun. Kata Mastiyaningsih (64), istri Harsoyo, suaminya sakit komplikasi darah tinggi yang menyebabkan stroke dan tidak bisa bangun dari tempat tidur.

Kemudian Cak Nur bersama perangkat desa setempat mendatangi rumah Yuli Kriswati (35) yang rumahnya berjarak hanya dua rumah dari Harsoyo. Yuli diketahui menderita sakit Hidrosefalus sejak lahir. Kondisi Yuli juga sangat memprihatinkan. Aktivitasnya sangat terbatas, sehari hari waktunya dihabiskan dengan berbaring ditempat tidur.

Usai menjenguk Yuli, wabup kemudian menuju rumah Warsiah (80). Nenek Warsiah diketahui menderita lumpuh sejak kecil. Sehari-hari nenek Warsiah tinggal bersama keponakannya. Ketiganya oleh Cak Nur diberi santunan uang tunai dan sembako.

Cak Nur minta kepada para kepala desa dan perangkatnya untuk mendata warganya yang dalam kondisi kekurangan dan perlu mendapatkan bantuan agar segera dilaporkan. “Bulan Ramadan dan untuk seterusnya, kami memang berusaha membantu kepada mereka (warga) yang membutuhkan bantuan. Yang kedua semoga bisa menjadi motivasi semua pihak, motivasi untuk masyarakat dan desa,” kata Cak Nur.

Pemkab Sidoarjo mengalokasikan anggaran untuk keluarga kurang mampu. Dana tersebut dialokasikan dari APBD maupun APBDes. “Jadi kita tidak salah menyisihkan anggaran untuk mereka (warga) yang patut menerima bantuan, baik dana dari APBDes maupun dana dari APBD. Kita harus mulai yang lain kalau sudah kehidupan ekonominya bagus maka kita harus ingat sama mereka yang perlu pertolongan,” tambahnya. [isa/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar