Politik Pemerintahan

Cak Mahfud Dinilai Sosok yang Mampu Bangkitkan Identitas Sejarah Surabaya

Machfud Arifin

Surabaya (beritajatim.com) – Sejarawan asal Surabaya Nanang Purwono yakin jika figur Machfud Arifin mampu membangkitkan kembali ikon-ikon Surabaya yang selama ini sudah tak terawat. Hal itu ia sampaikan setelah dirinya selesai berdiskusi dengan Machfud di kediamannya.

Penulis buku ‘Mana Soerabaia Koe’ tersebut melihat Machfud mempunyai gagasan-gagasan untuk kembali menghidupkan sejarah-sejarah yang terdapat di Surabaya. Salah satunya adalah pasar Tunjungan.

“Setelah berdiskusi dengan beliau (Machfud), saya yakin jika sejarah masa lalu Surabaya bisa dihidupkan kembali, bahkan beliau sudah punya langkah-langkah yang akan dilakukannya,” ujar Nanang.

“Sempat dalam diskusi tadi kita bahas soal Tunjungan. Zaman dulu pasar tersebut adalah salah satu ikon Surabaya yang cukup terkenal. Tapi sayang sekarang kondisinya memperhatikan, Pemkot kurang perhatian, kondisinya compang camping,” tambahnya.

Padahal, menurut Nanang, selain membangkitkan kembali nilai sejarah. Jika dikelola dengan baik, pasar Tunjungan juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Pasar Tunjungan yang penuh dengan sejarah jika dirawat dengan baik akan menghidupkan banyak orang. Ada dua yang didapat. Pertama ekonomi, yang kedua identitas sejarah,” ucap Nanang.

Selain Tunjungan, Nanang juga menyebut jika masih banyak tempat bersejarah lain yang menjadi PR untuk Machfud jika dia terpilih sebagai Wali Kota Surabaya nantinya. Di antaranya adalah kawasan kota lama, pasar Turi dan jembatan angkat.

“Semuanya punya nilai sejarah, tapi sayangnya kondisinya kini kurang diperhatikan. Di tangan Pak Machfud nanti, sejarah-sejarah Kota Surabaya bisa kembali dihidupkan,” ujar Nanang. [hen/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar