Politik Pemerintahan

Cak Machfud Siapkan Program Inovatif untuk Tata Wilayah Kumuh Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Tokoh Masyarakat Machfud Arifin menegaskan komitmennya untuk mengayomi seluruh lapisan masyarakat dalam membangun Kota Surabaya. Ia pun telah menyiapkan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) sebagai solusi penataan kota di tanah kelahirannya.

“Sebagai putra daerah yang terus didorong oleh masyarakat untuk menjadi Wali Kota, komitmen saya adalah untuk mengayomi seluruh warga di Surabaya,” kata Cak Machfud di Surabaya, Jawa Timur.

Dia menambahkan, meski Surabaya kerap disebut sebagai kota metropolitan namun pada kenyataannya masih ada pemukiman kumuh yang luput dari perhatian. Bahkan sampai masyarakatnya kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Masih banyak masyarakat kita yang hidup susah di Kota Metropolitan ini, tentu saja ini sangat disayangkan sekali. Maka dari itu jika saya diamanahkan menjadi Wali Kota, saya akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk membangun Surabaya makmur kotane, makmur wargane, inilah yang dinamakan sebagai Super Tim,” tambahnya.

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya 2019, terdapat 43,46 hektare kawasan kumuh di Surabaya. Karenanya, menurut mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Amin ini, dalam mengatasi persoalan kawasan kumuh ia telah membuat rencana untuk menyiapkan Rusunawa bagi para warga.

“Tanah kita di Surabaya terbatas, Rusunawa merupakan solusi untuk menyediakan hunian yang laik kepada masyarakat kita yang kurang mampu,” ujarnya.

Melihat komitmen Machfud, ternyata memantik Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah untuk angkat bicara. Dia mengatakan Machfud merupakan sosok pemimpin yang diharapkan Surabaya. Laila memuji program-program pembangunan untuk membenahi isu lingkungan seperti penataan kampung kumuh.

“Termasuk membangun Rusunawa yang mudah diperoleh dan murah untuk warga yang kurang mampu,” pungkas Laila. (hen/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar