Politik Pemerintahan

Cak Machfud Punya Pemahaman Komprehensif Tentang Surabaya

Machfud Arifin

Surabaya (beritajatim.com) – Pengamat politik Surokim Abdussalam menilai jika figur Machfud Arifin punya nilai lebih untuk menjadi Wali Kota Surabaya. Surokim melihat jika purnawirawan jenderal bintang dua itu sudah paham akan kewilayahan kota Surabaya.

“Pak Machfud pernah menjadi Kapolda Jawa Timur, beliau pasti menguasai teritorial Surabaya. Beliau tahu betul situasi Kamtibmas, geopolitiknya, karena sudah pengalaman beliau pasti tahu apa yang dibutuhkan Surabaya,” ujar Surokim.

Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura itu mengatakan Machfud Arifin perlu menggaet pendamping dari kalangan milenial. Sebab, pemilih didominasi oleh kaum muda.

Peneliti Surabaya Survey Center (SSC) itu sebenarnya kaget perihal pencalonan Machfud di Pilwali Surabaya. Menurutnya, sekelas pensiunan jenderal bintang dua sudah selayaknya Machfud berada di tingkat yang lebih tinggi dari wali kota.

“Beliau mantan Kapolda ya, selama ini wali kota atau bupati job nya kolonel. Tapi ini sekelas jenderal turun gunung. Jadi itu bisa menunjukkan kalau Pak Machfud sangat serius,” kata Surokim.

Surokim menilai, meski saat ini Machfud belum ada lawan tandingnya, tapi ia memprediksi bahwa kontestasi Pilwali Surabaya akan berjalan keras. Sehingga ia berpesan jika Machfud harus benar-benar siap siapapun lawan politiknya nanti. (hen/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar