Politik Pemerintahan

Cak Machfud: Pasar Tradisional yang Tutup, Harus Dibuka Kembali

Surabaya (beritajatim.com) – Menilai pasar tradisional sebagai cerminan ekonomi rakyat, mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberi perhatian lebih pada pasar-pasar yang ‘mati’.

Pernyataan itu ia sampaikan saat menyambangi Kelurahan Tambak Rejo, Kecamatan Simokerto, Surabaya, guna menyerap langsung aspirasi tokoh dan masyarakat sekitar. “Pasar-pasar tradisional yang saat ini tutup harus dibuka kembali, Pasar Turi misalnya,” ujar mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf itu.

Sebab, dalam pandangan Machfud, tidak ada tempat lain yang representatif dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan selain pasar tradisional. “Harus selalu kita Ingat bahwa pasar tradisional itu tulang punggung perekonomian negara kita, terlebih di Surabaya,” sambung pria yang digadang-gadang menjadi calon terkuat Wali Kota Surabaya itu.

Namun demikian, pasar modern juga tidak boleh dilarang, dan di saat yang sama pasar tradisional pun mesti dikembangkan dan diberdayakan. “Diberdayakan, naik dari sisi manajemennya, kebersihannya, higienitasnya, juga teknologinya,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, beberapa pasar rakyat di Surabaya memang telah tutup, dan satu di antaranya ialah Pasar Turi. (hen/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar