Politik Pemerintahan

Cak Machfud Kagumi Sosok KH Ahmad Dahlan

Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin

Surabaya (beritajatim.com) – Selain Soekarno, mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin mengungkapkan bahwa dirinya juga mengagumi sosok pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan.

Pernyataan itu ia sampaikan saat diundang pada acara ‘Nobar Bareng Cak Machfud: Film Jejak Langkah Dua Ulama’ di Gedung Attauhid, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Minggu (8/3/2020).

Menurutnya, jika Soekarno mampu mengharmoniskan kepercayaan dan keyakinan agama yang berbeda di Indonesia, sumbangsih Kiai Dahlan tak jauh berbeda. “Kiai Dahlan mampu membuat substansi pendidikan lebih modern. Sebab, inti dari pendidikan adalah substansinya,” tambah Machfud.

Kiai Dahlan juga begitu istimewa dalam ingatan umat Islam. Sebab, lanjut pria yang tengah dicalonkan menjadi Wali Kota Surabaya itu, Kiai Dahlan menjadi pembaharu pemikiran masyarakat Muslim, khususnya di Indonesia.

“Pembaharuan pemikiran Kiai Dahlan seperti bayani, burhani serta irfani menjadikan beliau mesti dijadikan sosok panutan,” tegas Machfud yang langsung disambut gemuruh tepuk tangan.

Merespons pandangan Machfud, Ketua Umum Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Surabaya Alifa Hikmawati menyatakan dirinya juga sependapat dengan penilaian purnawirawan jenderal berbintang dua itu.

“Setuju dengan pak Machfud,” singkat Alifa. Di samping itu, soal nama Machfud yang sudah pasti ikut dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020, Alifa yakin dia mampu membawa Surabaya lebih baik lagi.

“Sangat yakin beliau mampu. Yakin pula dia bisa mengubah wajah pendidikan berbasis Islam di Surabaya yang selama ini kurang diperhatikan,” tandasnya. [hen/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar