Politik Pemerintahan

Cak Machfud Dorong Pemkot Surabaya Penuhi Kebutuhan Pokok Warga Dalam Situasi Social Distancing

Surabaya (beritajatim.com) – Tokoh masyarakat Surabaya Machfud Arifin menilai dengan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat juga menjadi salah satu cara dalam menghadapi pandemi Covid-19 atau virus Corona seperti sekarang ini.

Maka itu ia mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera melakukan hal tersebut disamping terus menekan penyebaran virus corona dengan penyemprotan disinfektan. “Jadi bukan hanya gencar semprotkan disinfektan saja, tapi kebutuhan pokok masyarakat juga penting,” ucap Machfud di Surabaya, Jumat, (3/4/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Cak Machfud ini, efek pandemi Corona juga mengakibatkan pendapatan masyarakat ikut berkurang. Terkhusus bagi para pekerja informal di lapangan. “Saya dapat curhat dari Ojol, katanya orderan sepi, untuk penuhi kebutuhan sehari-harinya saja kadang kurang,” ujar Cak Machfud.

Oleh karena itu, ia merasa peran Pemkot Surabaya mesti bisa ditingkatkan terutama dalam mengetahui keadaan masyarakat. Apalagi, lanjutnya, masyarakat sedang sangat membutuhkan bantuan kebutuhan pokok untuk kehidupannya.

“Seharusnya kebutuhan pokok masyarakat jadi tanggungjawab utama Pemkot, bukan hanya terfokus penyemprotan disinfektan saja, karena kebutuhan sehari-hari juga tidak kalah pentingnya,” cetusnya.

Di sisi lain, Cak Machfud turut menyayangkan sikap Pemkot Surabaya yang melakukan penyemprotan disinfektan ke tubuh warga. Pasalnya tidakan tersebut tidak dibenarkan oleh World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia. “Jelas-jelas WHO melarang penyemprotan disinfektan ke tubuh manusia, tidak baik itu,” kata Machfud.

Namun demikian, Machfud mengungkapkan dirinya mengaku siap bila diperkenankan membantu kerja Pemkot Surabaya untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat Surabaya. “Iya, saya sebagai warga asli Surabaya pasti mau bantu Pemkot untuk gotong royong lawan Corona,” ungkap Machfud.

Machfud sendiri rupanya sudah bergerak untuk penuhi kebutuhan warga Surabaya, sudah ada beberapa kelurahan yang dia beri bantuan sembako secara door to door di rumah-rumah warga. [hen/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar