Politik Pemerintahan

Cak Machfud Ajak Milenial Jauhi Narkoba

Surabaya (beritajatim.com) – Gelombang dukungan dicalonkannya mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin sebagai Wali Kota Surabaya terus berdatangan.

Setelah didapuk oleh enam partai sekaligus, ulama dan sejumlah tokoh nasional, kini kaum muda Kota Pahlawan juga ikut mendorong pria ‘asli’ Surabaya itu maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya.

Untuk membalas dukungan kaum milenial, Machfud menuturkan dirinya akan terus mendampingi ‘generasi x’ itu agar terhindar dari jenis tindak kriminal, termasuk peredaran dan penggunaan narkoba.

“Jauhi narkoba. Cari kegiatan yang positif,” kata pria kelahiran Ketintang Surabaya ini saat memberi sambutan di Pelatihan Kader Lanjut (PKL) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Islamic Center di Jl Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Surabaya.

Machfud memandang, penyalahgunaan segala jenis dan bentuk narkoba adalah dampak dari minimnya lowongan dan kesempatan kerja untuk milenial. “Tentu ini faktor utamanya karena mereka tidak punya kegiatan yang positif. Membuka lowongan pekerjaan seluas-luasnya akan bisa meminimalisir hal semacam ini,” tegasnya.

Sebagai catatan, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, angka pengangguran menurut kategori umur 15 tahun ke atas di Surabaya terus meningkat setiap tahunnya.

Dari dua tahun belakangan saja, yakni 2017 sampai 2018, jumlah yang menganggur mencapai 93.096 ribu orang. Angkanya naik sekitar 3.617 jiwa bila dibanding tahun 2017 yang berjumlah 89.479 ribu penganggur. [hen/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar