Politik Pemerintahan

Cak Hud dan Pengurus MWC NU Gedangan Kompak Edukasi Warga Hidup Bersih

Sidoarjo (beritajatim.com) – Aksi Jum’at Berkah, Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono kali ini mengajak pengurus MWC NU (Majelis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama) Kecamatan Gedangan. Keduanya kompak turun ikut membersihkan perempatan jalan raya Gedangan dari sampah yang berserakan di sepanjang trotoar.

Bersama dengan Camat Gedangan, Satpol PP dan petugas lainnya, secara gotong mencopoti spanduk liar yang terpasang di perempatan Gedangan karena mengganggu estetika kota.

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono yang akrab dan rombongan berjalan menyisir trotoar. Hudiyono dan Wakil Ketua Tanfidziyah MWC NU Gedangan, KH. Ahmad Bashori ikut membantu menyapu kotoran sampah plastik maupun daun yang berserakan di trotoar.

Halaman toko di sepanjang Jalan Raya Gedangan yang tampak kotor, oleh Cak Hud sapaan akrap Hudiyono, pemiliknya dipanggil dan langsung diajak ikut bersih-bersih bersama masyarakat.

“Jum’at berkah kali ini kita bersama tokoh masyarakat. Mulai camat, kepala desa dan perangkatnya kita ajak semua. Termasuk para pengurus MWC NU yang dengan sukarela ikut membantu bersih-bersih mulai dari perempatan Jalan Raya Gedangan sampai depan depo bangunan,” ujar Cak Hud Jum’at, (8/1/2021).

Kolaborasi antara Forkopimka Gedangan dengan MWC NU Gedangan ini perlu mendapat apresiasi. Kepedulian tokoh masyarakat di Kecamatan Gedangan, nantinya bisa diikuti wilayah lain. Keterlibatan tokoh masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan akan berdampak positif bagi warga.

“Tadi ada beberapa penjaga toko yang kurang peduli dengan kebersihan halamannya. Lalu kita ajak dan kita kasih pengertian akhirnya mau ikut bersih-bersih. Harapannya bersih-bersih ini jadi kebiasaan sehari-hari,” imbuhnya berharap.

KH. Ahmad Bashori memberikan apresiasi kepada Cak Hud karena banyak memberikan kontribusi dengan sering turun langsung ke bawah dan dinilai responsif terhadap problem sosial. “Beliau (Pj Bupati Hudiyono red,) meski tidak menjabat lama namun memberikan kontribusi yang positif bagi warga Sidoarjo khususnya warga Gedangan. Saya sebelumnya sudah mendengar aktivitas bersih-bersih yang sering dilakukan dengan turun langsung ke lapangan,” terangnya.

Persoalan sampah sudah menjadi persoalan bersama. Kegiatan rutin melalui program Jogo Taman Delta yang diinisiasi Cak Hud perlu mendapat dukungan bersama.

Peran tokoh masyarakat dengan memberikan edukasi kepada warganya justru akan memberikan dampak perubahan yang signifikan menuju perilaku hidup bersih. “Apalagi di masa pandemi Covid-19, kebersihan harus menjadi pola hidup,” papar Bashori. (isa/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar