Politik Pemerintahan

Gotong Royong Tambal Jalan Berlubang

Cak Hud Apresiasi Warga Rangkah Kidul

Sidoarjo (beritajatim.com) – Inisiatif masyarakat Desa Rangkah Kidul Kecamatan Sidoarjo dalam memperbaiki jalan desanya patut menjadi contoh. Mereka secara gotong royong menambal jalan berlubang secara sukarela.

Penambalan jalan dilakukan dengan menggunakan aspal. Pembeliannya memakai Dana Desa. Selain itu aspal berasal dari sumbangan perusahaan aspal di sekitarnya.

 Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono ikut mencangkul material sirtu untuk menutup jalan berlubang

Kerja bakti penambalan jalan berlubang di jalan akses desa oleh masyarakat Rangkah Kidul mendapat apresiasi Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono.

Tidak hanya melihat langsung, dirinya menyempatkan ikut kerja bakti meski sebentar. Seluruh perangkat Desa Rangkah Kidul juga hadir dalam kerja bakti tersebut. Terlihat Kades, Carik maupun para Pamong desa.

Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono salut atas inisiatif yang dilakukan masyarakat Rangkah Kidul. Untuk memperbaiki jalan desanya sendiri tidak menggantungkan pemerintah kabupaten.

Hal seperti ini menurut Hudiyono patut menjadi contoh. Kesadaran masyarakat untuk memelihara jalan desanya ditunjukkan dengan bergotong royong menambal jalan yang berlubang. “Cara-cara seperti ini baik dan bisa ditiru,” ucapnya, Sabtu (20/2/2021).

Cak Hud sapaan akrab Hudiyono juga menjelaskan dana desa dapat dipergunakan untuk hal-hal seperti ini. “Tinggal menunggu kemauan masyarakatnya sendiri,” tukasnya.

Kabid Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sidoarjo Andi Sulistiono beberapa waktu lalu juga mengatakan desa dapat menangani jalan rusak yang ada di lingkungannya.

Namun dimintanya ada koordinasi terlebih dahulu antara pemerintah desa dengan pemerintah daerah. Hal tersebut penting dilakukan untuk memastikan apakah penanganannya belum terselesaikan pemerintah daerah.

Andi mengatakan selama peruntukan dana desa jelas, desa dapat menggunakan untuk perbaikan jalan. “Desa dapat mengalokasikan perbaikannya atas dasar kedaruratan setelah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pemkab Sidoarjo,” jelasnya. [isa/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar