Politik Pemerintahan

Debat Publik Putaran II Pilkada Jember 2020

Cabup Petahana Klaim Jember Sudah Memulai Program Smart City

Jember (beritajatim.com) – Faida, calon bupati petahana Jember, Jawa Timur, menilai pengunaan teknologi informasi dalam pengelolaan pemerintahan adalah sebuah keharusan untuk menyesuaikan perubahan zaman.

“Jember sudah memulainya dengan program ‘Smart City Jember Satu Data’. Data menjadi kunci sukses seluruh program. Seluruh kebutuhan program mengacu pada satu data,” kata Faida, dalam debat calon bupati dan wakil bupati Jember putaran kedua, di Studio JTV, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/11/2020) malam.

Menurut Faida, layanan dibuat secara dalam jaringan (daring). “Seperti sekarang sudah ada beberapa kelurahan yang melayani pengajuan surat-surat, dan 19 macam surat yang kini sudah bisa dilayani online, yang ke depan akan kita sesuaikan, seluruh desa akan bisa melayani surat-menyurat secara online. Teknologi adalah kunci kecepatan pelayanan,” katanya.

“Salah satu cara mengatasi antrean yang cukup panjang dan cara mengatasi pungli, kita harus memakai sistem revolusi industri 4.0 dan digitalisasi online. Konkretnya kita siapkan entry data layanan desa kelurahan secara online,” kata calon wakil bupati Dwi Arya Nugraha Oktavianto.

“Kedua, kita siapkan satu kecamatan satu anjungan Dukcapil (Kependudukan Catatan Sipil) mandiri, dan sampai di bidang pendidikan pun kita siapkan satu RW satu taman belajar online, sehingga semua bisa teratasi walau pun di masa pandemi,” kata Oktavianto. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar