Politik Pemerintahan

Cabup M Qosim Ajak Warga Tidak Ikut-Ikutan Menebar Hoaks

Gresik (beritajatim.com)- Cabup M.Qosim mengajak warga tidak ikut-ikutan menebar berita hoax selama musim kampanye. Selain itu, paslon nomor urut 1 itu juga mengimbau mempraktikkan politik santun dan beretika.

Pesan moral tersebut disampaikan M.Qosim saat bertemu beberapa tokoh masyarakat di Kelurahan Sidomukti, Kebomas, Gresik. “Jangan ikut-ikutan pihak yang menebar hoaks dan fitnah dalam musim kampanye ini, mari kampanye dengan santun, beretika dan rasional,” ujar M.Qosim, Jumat (30/10/2020).

Dikatakan Qosim, politik yang selalu menebar hoax dan ujaran kebencian tidak sesuai dengan konsep dalam politik islam. Sebagaimana rumusan politik yang digagas para ulama terdahulu, lanjut Qosim, bertujuan menanam dan menabur kebaikan kepada sesama untuk keselamatan dunia dan akhirat. “Karena itu pemimpin harus beriman, amanah dan sholeh,” katanya.

Dalam pertemuan itu, kepada warga Qosim juga memaparkan kriteria pemimpin ideal menurut ulama islam. Di antaranya, pemimpin harus berilmu, punya pengalaman dan kecakapan sebagai pemimpin. Selain itu seorang calon pemimpin yang harus tinggal lama di wilayah yang akan dipimpinnya. “Yang terakhir pemimpin harus berusia matang,” imbuh cabup yang diusung koalisi PKB dan Partai Gerindra itu.

Qosim berharap, warga Gresik memperjuangkan ikhtiar politik pada pilbup kali ini agar mendapatkan sosok pemimpin sesuai yang diajarkan para ulama terdahulu. “Di era demokrasi kali ini tidak mudah mendapatkan pemimpin yang baik. Monggo kita berjuang bersama untuk kebaikan Gresik,” imbuh Qosim yang berpasangan dengan dr. Asluchul Alif di Pilbup Gresik 2020.

Pemaparan M.Qosim itu ditanggapi beragam oleh tokoh masyarakat yang hadir. Di antaranya Kasidi (50) warga Sidomukti, Kebomas. Dia menyebut, hanya pasangan Qosim-Alif (QA) dalam pilkada Gresik yang memenuhi empat kriteria ideal sosok seorang pemimpin. Yakni, berilmu, punya pengalaman dan kecakapan, berusia matang, dan yang sudah lama tinggal di wilayah yang akan dia pimpin.

“Dengan begitu semakin memantapkan hati kami untuk memilih pasangan Qosim-Alif. Kami lebih bersemangat untuk mengajak keluarga, saudara dan tetangga untuk memilih pasangan Qosim-Alif,” tandasnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar